Mau Tampil Baru, Ikuti Tips Memilih Warna Lipstik Sesuai <i>Undertone</i> Kulit
Ilustrasi memilih warna lipstik berdasarkan undertone (Freepik/KamranAydinov)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak sekali varian warna lipstik, bahkan setiap produk merilis puluhan warna. Lantas, mana yang cocok dengan skin tone Anda? Dalam memilih warna perona bibir, Anda tak hanya perlu mencocokkan dengan pakaian yang akan dipakai. Lebih esensial lagi, Anda perlu tahu warna-warna apa yang serasi dengan warna kulit.

Kenali warna dasar kulit atau undertone

Dalam kategori mendasar, undertone terbagi dua, yaitu warna hangat dan dingin. Untuk warna netral, merupakan campuran hangat dan sejuk.

Undertone dingin

Warna undertone dingin, dikenali ketika Anda memiliki kulit dengan rona merah muda, merah, atau kebiruan pada kulit Anda. Rona ini terlihat pada pembuluh darah di pergelangan tangan. Kalau sedang di bawah matahari, warna kulit terlihat kecokelatan. Lipstik untuk undertone dingin, untuk warna merah paling cocok dengan red cherry alih-alih coral. Sedangkan untuk menyempurnakan rona alami bibir, paling pas dengan warna rosy, pink, nude atau taupey beige.

memilih warna lipstik berdasarkan undertone
Ilustrasi memilih warna lipstik sesuai undertone kulit (Freepik)

Undertone hangat

Berbeda dengan undertone dingin, undertone hangat atau warm undertone bisa dikenali jika memiliki rona kuning, keemasan, atau zaitun pada kulit Anda. Rona ini terlihat pada pembuluh darah pergelangan tangan yang tampak hijau.

Warna lipstik terbaik untuk rona kulit hangat, adalah pewarna bibir bernuansa hangat. Seperti bold orange, brick red atau merah bata, dan terracotta brown. Kalau mau tampil natural, baik memilih lipstik warna nude yang lebih pucat. Untuk memperkaya nuansa, warna merah menyala dan oranye. Sedangkan jika Anda ingin tampil berani, beri sentuhan emas dan tembaga.

Neutral undertone

Cara mengidentifikasi undertone netral, jika memiliki campuran merah jambu dan kuning pada dasar kulit Anda. Jika memiliki undertone ini, terlihat bagus dengan perhiasan perak serta emas. Pilihan lipstik terbaik, untuk kulit cerah kenakan merah muda. Sedangkan kulit sedang, mauve shades, dan untuk kulit yang gelap pilih warna berry.

Itulah tips dalam memilih warna lipstik sesuai undertone kulit Anda. Apabila kesulitan menemukan warna lipstik yang sempurna untuk warna kulit Anda, pakailah rona lipstik sesuai rona kulit Anda. Jika rona kulit hangat, akan terlihat bagus dalam nuansa warna lipstik hangat. Kalau untuk rona netral, bisa cocok menggunakan nuansa hangat dan dingin.