Tips Renovasi Rumah Satu Lantai dengan Biaya Murah
Ilustrasi renovasi rumah (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Membaca berbagai tips renovasi rumah sangat perlu dilakukan bagi Anda yang berencana melakukan penyesuaian terhadap hunian Anda. Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan renovasi rumah akan sangat membantu terutama dalam melakukan perencanaan biaya, khususnya pada biaya renovasi rumah satu lantai.

Seperti diketahui, renovasi yang dimaksud tidak hanya berupa perbaikan, bisa berupa perombakan, pembaruan bangunan, hingga penyempurnaan struktur maupun bentuk rumah. Proses renovasi yang lama ini akan memakan biaya yang tak sedikit.

Tips Renovasi Rumah

Ada berbagai tips yang bisa diperhatikan saat Anda memutuskan untuk merenovasi rumah yakni sebagai berikut.

  1. Buat Skala Prioritas Renovasi

Langkah ini penting untuk dilakukan di awal karena akan menentukan seberapa banyak biaya yang akan dikeluarkan. Perencanaan ini sangat penting terutama bagi Anda yang memiliki biaya terbatas. Usahakan mendahulukan titik renovasi yang penting lebih dulu.

  1. Tentukan Anggaran Biaya Keseluruhan

Setelah skala prioritas selesai dibuat, tentukan anggaran biaya yang akan dikeluarkan. Penentuan ini juga tak kalah penting karena akan mengukur seberapa besar kekuatan finansial Anda dalam melakukan renovasi rumah. Perencanaan anggaran akan melindungi Anda dari kebangkrutan saat proses pembangunan berlangsung.

  1. Sediakan Gambar Rancang Bangunan

Gambar rangcang bangunan punya banyak manfaat, mulai dari memberikan gambaran untuk Anda, memberikan panduan untuk tukang, hingga memberikan gambaran material yang dibutuhkan. Gambar rancangan ini biasanya dibuat oleh seorang arsitek. Gambar ini juga bermanfaat agar proses pembangunannya sesuai dengan keinginan sehingga tidak over budgeting.

  1. Riset Harga dan Material

Riset sangat penting dilakukan sebelum Anda melakuan renovasi rumah. Riset ini bisa mencakup harga material maupun material itu sendiri. Kegiatan riset bisa dimulai dengan menentukan material apa saja yang mungkin dibutuhkan dalam renovasi. Setelah itu cek harga material di beberapa toko besi karena tiap toko besi punya harga yang berbeda-beda.

  1. Susun Rincian Anggaran Material

Saat biaya terbatas, penting untuk Anda menyusun rincian anggaran material yang akan digunakan pada saat renovasi. Patut diketahui bahwa di pasaran tersedia berbagai macam material dengan fungsi yang sama. Misalnya, Anda bisa memilih lantai granit atau keramik. Keduanya punya fungsi yang sama namun harganya berbeda. Anda bisa menentukan material apa yang akan dipakai untuk renovasi.

  1. Sesuaikan Pembiayaan Tukang

Ada dua jenis skema pembayaran tukang yakni sistem borongan atau harian. Sistem borongan pun ada macam-macam, ada yang hanya tenaga ada pula yang tenaga ditambah material. Jika biaya yang Anda miliki mepet, Anda bisa berkonsultasi dulu apakah skema pembayaran tukang borongan lebih bisa terjangkau atau tidak. Jika tidak, Anda bisa memilik skema harian.

Selain itu Anda bisa menyesuaikan skema pembayaran tukang sesuai dengan pekerjaan mereka. Misalnya, pekerjaan yang akan dilakukan tukang adalah pekerjaan kasar yang tidak membutukan detil. Maka Anda bisa memilih pembiayaan harian agar lebih irit. Jika pekerjaan yang tersedia adalah finisihing atau pekerjaan yang butuh hal-hal detil, Anda bisa memilih pembiayaan borongan.

  1. Sediakan Dana Darurat

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Usahakan untuk membagi budget Anda dari awal. Misalnya, Anda memiliki dana renovasi Rp50 juta. Maka dana darurat yang harus disimpan minimal 15 persen. Besaran dana darurat juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Itulah informasi terkait tips renovasi rumah. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lain.