10 Buah-buahan dan Bunga yang Bawa Keberuntungan, Cocok untuk Dekorasi Imlek
Ilustrasi dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru imlek (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Terdapat sederet bunga dan buah-buahan yang memiliki makna, terutama pas untuk dekorasi tahun baru Imlek karena menyimbolkan keberuntungan. Tertarik untuk menghias rumah Anda dengan jenis buah dan bunga tersebut? Ini daftarnya.

1. Tangerine

Tangerine atau dikenal dengan sebutan pohon kumquat adalah tanaman yang paling populer dipajang ketika tahun baru Imlek. Terutama di wilayah yang berbahasa Cina Kanton, antara lain di Hongkong, Makau, Guangdong, dan Guangxi. Pohon ini melambangkan harapan akan kekayaan dan keberuntungan. Kalau dalam bahasa Kanton dan Mandarin, pohon ini berarti sama, yaitu keberuntungan.

2. Pussy willow

Menyimbolkan pertumbuhan dan kemakmuran, hiasan ini merupakan kuncup tanaman willow. Tanaman willow selalu mengeluarkan tunas hijau, sehingga merupakan tanda tumbuh terus dan melambangkan datangnya kemakmuran.

dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru imlek
Ilustrasi dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru imlek (Freepik/pressfoto)

3. Bambu keberuntungan

Jenis dekorasi ini, mungkin tak asing bagi Anda. Bambu yang berukuran kecil dan tumbuh berumpun, menyimbolkan kekuatan. Biasanya ditata sehingga membentuk aksen bengkok atau dipilin. Tak jarang dihias pita merah dan ornament keberuntungan.

4. Anggrek

Bunga yang dianggap membawa keberuntungan ini pas untuk hiasan tahun baru Imlek. Pada masa perayaan, biasanya pasar atau toko bunga memiliki banyak karangan bunga anggrek. Variasi dan warnanya banyak sekali, tetapi yang pasti bunga anggun dan indah ini dianggap sebagai simbol kelimpahan dan kesuburan.

5. Bunga persik

Sangat populer saat ini memakai bunga persik sebagai dekorasi. Bunga persik melambangkan romansa, kemakmuran, dan pertumbuhan. Ini populer di kalangan anak muda lajang yang sedang mencari cinta. Tanaman itu dianggap suci di Cina. Sedangkan buahnya, mewakili umur panjang.

dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru imlek
Ilustrasi dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru imlek (Freepik)

6. Bunga prem

Bunga berwarna merah muda cerah ini, melambangkan ketekunan dan kehandalan. Dua lambang ini adalah kunci atau upaya untuk sukses dalam hidup. Kalau dipakai dekorasi, bisa melambangkan ketahanan dan keberanian. Prem atau plum sama dengan anggrek, yang juga melambangkan kemurnian, kejujuran, dan kerendahan hati.

7. Jeruk

Jeruk sangat populer menghias meja-meja dalam perayaan Imlek. Bahkan sejak berminggu-minggu sebelum Festival Musim Semi banyak bonsai pohon jeruk yang sedang mekar menghias meja. Kalau secara simbol, warna oranye terlihat seperti matahari dan selaras dengan prinsip positif. Sehingga menjadi simbol kelimpahan dan kebahagiaan.

8. Apel

Buah ini disebut ping guo yang berarti damai atau ketenangan. Jadi apel melambangkan keinginan akan kedamaian. Apel hijau melambangkan uang dan sedangkan apel merah melambangkan kemakmuran serta kelimpahan.

dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru imlek
Ilustrasi dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru imlek (Freepik/wirestock)

9. Semangka

Semangka dianggap sebagai sumber kekayaan, dilansir China Highlight, Jumat, 20 Januari. Karena subur dan banyak biji di dalam buahnya, maka dapat merangkum simbol yang berkaitan dengan kekayaan.

10. Anggur

Anggur dikenal sebagai buah yang mewah. Tetapi di luar bentuknya yang mewah dan manis rasanya, buah dengan beragam varietas ini melambangkan kekayaan, keberuntungan, dan kesuburan.

Itulah daftar buah-buahan dan bunga cocok sebagai dekorasi yang bawa keberuntungan untuk tahun baru Imlek. Mana yang menghias meja perayaan Anda?