Sambut Imlek 2023, Polisi Amankan 28 Rumah Ibadah di Babel
Warga Tionghoa merayakan malam pergantian Tahun Baru Imlek 2571 di Pasar Glodok, Jakarta Barat, Jumat 24 Januari 2020 malam. (ANTARA-Laily R)

Bagikan:

BABEL - Kepolisian Resor Bangka Barat (Babel) menyiapkan pengamanan 28 rumah ibadah menyambut perayaan tahun baru Imlek 2574 Kongzili pada Minggu 22 Januari.

"Puluhan personel dari Polres dan Polsek jajaran yang ditugaskan akan mulai kami sebar ke seluruh tempat ibadah warga keturunan Tionghoa yang akan menjadi tempat perayaan tahun baru Imlek," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bangka Barat, Kompol Albert Daniel Tampubolon di Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa 17 Januari, disitat Antara.

Ia mengatakan, sebanyak 28 tempat ibadah yang akan menjadi tempat perayaan tahun baru Imlek tersebut tersebar di seluruh kecamatan. Terbanyak di Kecamatan Parittiga yang jumlahnya mencapai 13 lokasi.

Pengamanan tidak hanya dilaksanakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban pada saat ibadah saja, namun juga seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di rumah ibadah tersebut, termasuk perayaan yang biasa digelar warga keturunan Tionghoa.

"Untuk pengamanan perayaan Imlek tahun ini kita tidak membentuk tim khusus atau tim gabungan seperti pada pelaksanaan pengamanan hari besar keagamaan lainnya," ujarnya.

Namun, kata dia, Polres bangka Barat bersama Polsek jajaran tetap melaksanakan pemantauan terhadap seluruh rangkaian kegiatan peribadatan dan perayaan Imlek.

Untuk mendukung upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Polres Bangka Barat akan fokus pada pengamanan, baik dengan menugaskan personel langsung berada di tengah masyarakat, maupun pola patroli secara berkala.

"Kita juga sudah menyiapkan skema sterilisasi tempat ibadah yang melaksanakan ibadah dan perayaan Imlek untuk pengamanan," katanya.

Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama ibadah dan perayaan Imlek, pihaknya juga memantau perkembangan situasi di sejumlah pusat perbelanjaan dan pasar tradisional seiring meningkatnya aktivitas masyarakat di lokasi-lokasi itu.

"Kita ingin melakukan yang terbaik untuk mewujudkan situasi aman, tertib, nyaman dan produktif di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat," tandasnya.