Ketahui Manfaat Muay Thai bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (Tima Miroshnichenko/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Muay Thai adalah seni bela diri yang dibangun sejak kerajaan Thai. Nama Muay Thai terdiri dari kata Muay yang berarti tinju dan Thai yang merupakan nama negara seni bela diri ini berasal.

Olahraga Muay Thai jika secara rutin dilakukan akan memiliki berbagai manfaat positif bagi tubuh. Apa saja manfaatnya, berikut ulasannya melansir Asia Yokkao, Senin, 16 Januari.

Membakar Kalori

Bagi Anda yang ingin menghilangkan lemak berlebih dalam tubuh, Anda bisa melakukan Muay Thai. Satu jam latihan Muay Thai mampu membakar sekitar 690 kalori. Selain kalori terbakar, olahraga satu ini juga bisa memperkuat otot kaki. Latihan Muay Thai yang banyak menggunakan kaki akan melatih otot-otot kaki agar lebih lincah dan kuat.

Memperkuat Tubuh

Teratur melakukan Muay Thai bisa meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Tiap sesi latihan memakan waktu satu hingga dua jam dengan melibatkan beberapa gerakan shadow boxing, heavy bagwork, padwork, latihan ketahanan, dan latihan pengkondisian. Bahkan, atlet Muay Thai diharuskan berlari sepanjang 3-5 km untuk pemanasan sebelum berlatih. Jangan heran jika daya tahan tubuh Anda semakin membaik setelah rajin latihan Muay Thai.

Menjaga Keseimbangan

Saat melaksanakan Muay Thai, tentunya banyak gerakan di mana Anda harus tetap menjaga keseimbangan saat menendang agar badan tetap stabil. Oleh karena itu, Muay Thai melatih diri agar dapat menjaga keseimbangan badan.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Energi yang banyak dikeluarkan karena Muay Thai dapat membantu tidur Anda menjadi lebih rileks. Karena setelah berolahraga Anda menjadi terdorong untuk lebih banyak butuh istirahat. Untuk itu, jika Anda mengalami permasalahan tidur ringan, coba Muay Thai untuk membantu menormalkan tidur Anda.

Membangun Ketangguhan Mental

Dalam berlatih Muay Thai, seseorang akan didorong untuk mengerahkan seluruh kemampuan fisik dan mentalnya. Jadi Muay Thai tidak hanya memperkuat tubuh, tetapi juga pikiran. Rasanya sulit di awal latihan, namun jika Anda tetap memaksakan diri, lambat laun pikiran akan menjadi lebih kuat juga. Terlepas dari apa yang Anda lakukan, ketangguhan mental dapat membantu Anda menangani dan mengelola setiap tantangan dalam hidup.