Enggak Banyak, Segini Jumlah Sahabat yang Normal Dimiliki Seseorang Menurut Ahli
Ilustrasi (Melissa Askew/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memiliki sahabat itu penting dan lika liku dalam pencarian sahabat tentu bukan perkara mudah. Apalagi, karakteristik sahabat yang Anda butuhkan bisa berubah sesuai dengan perubahan kondisi hidup Anda. 

Melansir Psych Central, Selasa, 10 Januari, jumlah sahabat yang dimiliki seseorang sangat bervariasi dan biasanya berubah sepanjang hidup. Ada orang yang senang bersosialisasi sehingga sahabat yang dia miliki bisa lebih banyak dari orang lain. Sedangkan, bagi mereka yang senang menyendiri, mungkin memiliki jumlah sahabat yang lebih sedikit. 

Secara umum, berdasarkan data survei tahun 2021, rata-rata orang di Amerika memiliki teman dekat sekitar tiga hingga lima orang saja. Menurut survei, 49 persen informan melaporkan memiliki maksimal tiga teman dekat, 36 persen melaporkan mempunyai empat hingga sembilan teman dekat, 13 persen mengatakan memiliki minimal sepuluh teman dekat, dan 12 persen lainnya mengatakan mereka tidak punya teman dekat sama sekali.

Faktor-faktor yang memengaruhi banyak sedikitnya jumlah sahabat tergantung dari;

  • umur
  • status pernikahan
  • pekerjaan
  • Latar belakang budaya
  • jenis kelamin
  • lokasi tempat tinggal

Misalnya, survei menemukan bahwa 76 persen orang dewasa muda memiliki sahabat yang mereka kenal sejak kecil, sisanya kenal saat beranjak dewasa. Selain itu juga ditemukan bahwa wanita lebih mengandalkan sahabat untuk mendapatkan support dibandingkan pria.

Sebenarnya, angka bukan jadi acuan yang menentukan seberapa baik seseorang menjalani kehidupan sosialnya. Hal terpenting dalam menjalin persahabatan yaitu jenis persahabatan yang dimiliki serta kualitas hubungan tersebut.