Bagikan:

JAKARTA - Bakat penyanyi muda Novia Bachmid nampak didapat dari keluarganya. Dua saudara kandungnya, Zilva Bachmid (kakak) dan Nazwa Bachmid (adik) yang juga suka bernyanyi, memberanikan diri untuk ikut audisi ajang pencarian bakat yang juga melambungkan nama Novia di industri musik Indonesia.

Sebelumnya, Novia sempat mengikuti beberapa ajang pencarian bakat. Ketika mencoba peruntungan di Indonesia Idol pada tahun 2020, Novia berhasil masuk ke babak spektakuler meski harus terhenti di babak 8 besar. Namun, dari sana lah awal perjalanan karier penyanyi berusia 20 tahun itu dimulai.

Novia merilis single pertamanya yang berjudul Ingin Jatuh Cinta pada tahun 2020. Kemudian ia ikut proyek Wonderland Indonesia yang digagas Alffy Rev. Apa yang dilakukan Novia di awal karier membuat dirinya dinominasikan sebagai pendatang baru terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 2023, namun ia gagal memenangkannya.

Perjalan itulah yang nampaknya coba diulang oleh kedua saudara kandung Novia. Berselang dua tahun dari Novia, Zilva dan Nazwa memutuskan untuk ikut audisi Indonesian Idol belum lama ini. “Kita ikut audisi barenga karena ditantang sama orang tua. Kita ingin membuktikan bahwa kita bisa keluar dari zona nyaman kita,” kata Zilva.

Dalam audisi tersebut, Nazwa tampil lebih dulu dengan membawakan lagu Tuhan Ku Tak Sanggup dari Novia Bachmid. Namun, penampilannya belum berhasil memukau para juri, dan ia pun gagal untuk mengikuti jejak sang kakak.

Sementara itu, Zilva yang menyanyikan lagu milik Rossa yang berjudul Terlalu Cinta berhasil memukau juri dan mendapat golden ticket. Ia pun berhasil lolos ke babak selanjutnya.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya, ketiga kakak beradik asal Boolang Mongondow Timur, Sulawesi Utara sempat diundang ke program televisi swasta. Mereka dikenal sebagai kakak beradik yang memang senang bernyanyi. Melalui akun media sosial masing-masing, baik Zilva, Novia maupun Zahra juga kerap mengunggah keakraban mereka.