Meski Tak Diucapkan, 6 Hal Ini Dibutuhkan Anak dari Orang Tuanya
Ilustrasi hal yang dibutuhkan anak dari orang tuanya (Freepik/pressphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perkembangan anak memerlukan dukungan sepenuhnya dari orang tuanya. Tetapi semakin Anda menggali bentuk dukungan apa yang penting dipenuhi, semakin banyak daftarnya. Menurut seorang psikolog, terdapat sejumlah hal esensial yang dibutuhkan anak.

Lewat penelitiannya, Jenalee Doom, Ph.D. memberikan daftar kebutuhan anak paling esensial yang perlu dipenuhi oleh orang tua.

1. Hubungan yang aman

Anak-anak tidak mengatakan seperti apa hubungan aman yang mereka butuhkan. Tetapi mereka perlu pola pengasuhan yang stabil dan konsisten. Ini adalah penjelasan mengenai term ‘aman’ menurut Doom. Jika Anda sebagai orang tua secara konsisten hadir dalam perkembangan mereka, maka Anda telah melakukan salah satu hal terbaik untuk mereka.

2. Pola asuh yang otoritatif

Otoritatif bukan bersikap otoriter, tetapi tetap menetapkan batas untuk dipatuhi. Menetapkan batasan, jelas Doom, berlawanan dengan bersikap terlalu ketat atau tidak menetapkan batasan apapun. Menurutnya, hasilnya akan lebih baik untuk anak jika Anda tetap menetapkan batas-batas.

hal yang dibutuhkan anak dari orang tuanya
Ilustrasi hal yang dibutuhkan anak dari orang tuanya (Freepik)

3. Menjalani rutinitas yang fleksibel

Konsisten perlu dilakukan, tetapi perlu bersikap fleksibel saat dibutuhkan. Anda perlu menetapkan batasan, termasuk waktu tidur, screen time, belajar, bermain, makan malam, hingga bersosial. Tetapi tetaplah bersikap fleksibel apabila terjadi kondisi tertentu yang membuat rutinitas tersebut tidak mungkin dilakukan suatu waktu.

4. Makanan yang seimbang

Kebutuhan anak yang keempat ini, mungkin bersifat umum. Jika anak Anda makan-makanan yang seimbang, mereka mendapatkan banyak nutrisi yang mereka butuhkan dalam masa perkembangan. Untuk lebih terang, pastikan Anda mendapatkan informasi mengenai makanan apa saja yang baik untuk pertumbuhan anak. Selain juga konsultasikan pada ahli nutrisi apabila memungkinkan.

5. Terbuka pada peluang untuk dijelajahi

Anak-anak belajar tentang dunia saat diberi kesempatan untuk menjelajahi hal-hal baru di lingkungan yang aman. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menjelajahi sesuatu yang baru. Misalnya, bermain di taman, pelesir ke museum, atau mengunjungi perpustakaan.

6. Menjadi pengasuh yang dapat mengurus kebutuhan mereka

Stres dan depresi pengasuh yang tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak-anak. Melansir Psychology Today, Selasa, 3 Januari, daripada merasa bersalah karena memprioritaskan kesehatan mental Anda, ingatlah bahwa menjaga kesehatan mental Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk anak Anda.

Keenam daftar di atas, merupakan hal yang dibutuhkan anak dari orang tuanya. Pesan Doom, mempelajari lebih banyak tentang perkembangan anak bisa membantu memenuhi kebutuhan yang diperlukan anak.