Cerita Kegagalan Denny Sumargo Sebelum Sukses, Uang Miliaran Rupiah Habis di Meja Judi
Denny Sumargo (Instagram @sumargodenny)

Bagikan:

JAKARTA - Aktor dan mantan pebasket, Denny Sumargo terlihat memiliki karier yang cemerlang. Menjadi pebasket yang disegani pada masanya, yang kemudian membintangi banyak film dan program televisi pasca pensiunnya dari dunia basket, membuat pria berusia 41 tahun itu dapat dikatakan sukses sebagai atlet maupun entertainer.

Namun begitu, Densu sapaan akrab Denny Sumargo melalui pengalaman hidupnya merasa bahwa kesuksesan adalah sesuatu yang misterius. “Gue tuh enggak tahu apa itu definisi sukses. Ketika mengejar itu semua, malah kehancuran dan kegagalan yang terjadi. Setelah gue melepas itu semua, orang malah melihat gue sukses dan sebagainya,” ujar Denny Sumargo saat ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Densu merasa bahwa perjalanan hidupnya hingga saat ini menemukan banyak kegagalan. Ketika muda, ia pernah merasakan uang miliaran rupiah yang dihasilkannya dari berbisnis habis di meja judi. Terbaru, usahanya bersama sang istri untuk program bayi tabung juga mengalami kegagalan. Tidak hanya itu, dari konten kanal YouTube miliknya juga kerap mendapat komentar negatif.

Namun, Densu memilih untuk menerima seluruh kegagalan tersebut sebagai bagian dari perjalanan hidupnya. “Itu kan enggak boleh membuat saya lupa bahwa ada hal baik yang Tuhan kasih untuk saya. Menurut saya pribadi, apa yang terjadi adalah sesuatu yang baru dan berkesan, yang membuat saya lebih tahu diri,” ujarnya.

Lewat perjalanan berliku yang dihadapi selama ini, Densu melihat kesuksesan tidak dapat dilihat secara kuantitatif. “Sukses buat gue berubah semua, karena gue enggak melihat lagi sukses sebagai sebuah takaran, untuk ngasih tahu orang betapa hebatnya gue, tapi lebih kepada sebuah perjalanan untuk gue nikmati dan gue berharap orang bisa mengambil esensi kehidupan gue untuk bisa jadi penguat dan motivasi buat mereka berjalan,” tuturnya.

Densu menghimbau agar dirinya tidak dilihat sebatas fisik dan harta yang dimilikinya saja, melainkan lihatlah cara ia menguatkan kembali mentalnya setelah menghadapi banyak kegagalan, fitnah dan omongan miring dari orang-orang.

Denny Sumargo berpendapat bahwa seseorang dapat dikatakan sukses jika kualitas yang ditampilkan bagi dirinya sendiri dan juga orang lain. “Menjadi sukses itu untuk jadi orang yang punya manfaat buat diri lo dan orang sekitar,” pungkasnya.