Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan Atau Kiri: Kenali 9 Kemungkinan Ini!
Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Leher Anda banyak bergerak dan tidak dilindungi oleh bagian lain dari tubuh Anda, sehingga rentan terhadap cedera atau ketegangan. Nyeri dapat terjadi di kedua sisi leher Anda. Ini mungkin terkait dengan ketegangan otot sederhana, atau kondisi yang lebih serius seperti kerusakan saraf atau cedera tulang belakang. Kira - kira karena apa ya sakit leher sebelah kanan dan kiri?

Leher terhubung ke beberapa bagian tubuh lainnya. Karena alasan ini, nyeri leher dapat menyebabkan nyeri di area lain di tubuh Anda, termasuk bahu, lengan, punggung, rahang, atau kepala.

Nyeri leher di sisi kanan atau kiri leher Anda dapat hilang dengan sendirinya, atau dengan perawatan rumahan, setelah beberapa hari atau minggu. Anda harus menemui dokter jika mengalami nyeri leher kronis atau parah.

Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan Atau Kiri

Nyeri Leher (Instagram @@neckpainaid f)
Nyeri Leher (Instagram @@neckpainaid f)

 

Degenerasi atau keausan

Tulang belakang dan cakram di leher akan aus seiring bertambahnya usia. Saat mereka merosot, seseorang mungkin mengalami nyeri leher yang kronis atau terus-menerus.

Beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan tulang belakang, cakram, dan bagian leher lainnya rusak.

Kondisi ini mungkin termasuk:

  • peradangan
  • saraf terjepit
  • fraktur servikal
  • radang sendi
  • degenerasi diskus servikal

Nyeri leher nonspesifik

Dalam beberapa kasus, sulit untuk mengidentifikasi penyebab pasti nyeri leher.

Nyeri leher tanpa penyebab yang jelas sering kali diakibatkan oleh keseleo ringan atau robekan pada jaringan otot. Jenis nyeri ini adalah nyeri leher yang paling umum.

Rasa sakit terkadang bisa disebabkan oleh postur tubuh yang buruk. Menahan leher agar tidak sejajar untuk waktu yang lama dapat membuat otot tegang.

Hal ini terutama berlaku ketika seseorang membungkuk ke depan untuk pekerjaannya selama beberapa jam di siang hari.

Posisi tidur yang buruk

Adalah umum untuk bangun dengan perasaan kaku atau sakit di bahu, punggung, atau leher.

Posisi tidur yang diadopsi orang, jumlah bantal yang mereka gunakan, dan kekencangan kasur semuanya dapat memengaruhi perasaan mereka saat bangun di pagi hari.

Tertidur dengan kurangnya dukungan untuk kepala atau leher tidak sejajar meningkatkan kemungkinan bangun dengan sakit leher.

Tortikolis akut atau onset tiba-tiba

Tortikolis adalah kondisi medis di mana kepala menjadi bengkok ke satu sisi. Akan sangat menyakitkan untuk mencoba meluruskan kepala. Penyebab tortikolis tidak selalu diketahui.

Dokter menduga bahwa sebagian besar kasus disebabkan oleh keseleo ligamen atau otot ringan di leher, meskipun leher yang terpapar suhu dingin dalam waktu lama juga bisa menjadi penyebabnya.

Tortikolis sering terjadi dalam semalam, artinya seseorang tidak akan mengalami gejala saat tidur tetapi akan bangun tidak dapat menggerakkan lehernya. Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit akan mereda setelah beberapa hari dan gerakan akan kembali normal.

Kadang-kadang, tortikolis mungkin merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih parah. Beberapa penyebab potensial tortikolis termasuk tumor, infeksi, dan efek samping dari minum obat.

Stres dan kecemasan

Stres dapat menyebabkan otot menegang. Orang sering berbicara tentang menahan ketegangan di leher dan punggung mereka, dan mereka mungkin merasakan sakit akibat ketegangan yang berlebihan.

Whiplash atau sentakan tiba-tiba ke leher

Whiplash menggambarkan cedera pada leher di mana kepala tersentak ke depan dan kemudian kembali ke tempatnya dengan sangat cepat.

Gerakannya menyerupai cambuk. Orang cenderung menganggap whiplash terkait dengan kecelakaan mobil, tetapi ini juga bisa terjadi akibat aktivitas olahraga dan gerakan tiba-tiba lainnya.

Cedera pleksus brakialis

American Society for Surgery of the Hand mendefinisikan pleksus brakialis sebagai kumpulan saraf yang menghubungkan sumsum tulang belakang di leher ke tangan.

Jika cedera pada leher mempengaruhi pleksus brakialis, nyeri juga dapat terjadi pada tangan.

Penyebab umum cedera pada pleksus brakialis adalah trauma benda tumpul, yang dapat terjadi akibat cedera olahraga atau kecelakaan mobil.

Penyebab langka nyeri leher sebelah kanan

Ada penyebab nyeri leher yang kurang umum yang mungkin lebih parah. Ini mungkin termasuk:

  • artritis reumatoid
  • kanker
  • cedera serius
  • kerusakan pada saraf, tulang belakang, atau sumsum tulang belakang
  • infeksi
  • kelainan tulang

Jadi setelah mengetahui sakit leher sebelah kanan dan kiri, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!