Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri, Begini Cara Mengatasinya biar Nggak Nyeri
Ilustrasi sakit punggung (Freepik/8photo)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah Anda mengalami sakit punggung, tapi hanya pada punggung bagian kiri saja? Kondisi ini sangatlah mengganggu aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Lantas apa penyebab gangguan kesehatan punggung sebelah kiri sakit dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Punggung Sebelah Kiri Sakit

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan punggung sebelah kiri sakit. Berikut ini sejumlah penyebabnya. 

Cedera Otot

Sakit punggung sebelah kiri bisa disebabkan karena cedera otot atau keseleo. Kondisi ini akan menimbulkan rasa nyeri yang akan bertambah memburuk saat digerakkan. Cedera otot bisa terjadi karena kecelakaan berkendara, olahraga, kerja, maupun mengangkat beban terlalu berat. 

Skoliosis

Skoliosis juga dapat menyebabkan munculnya sakit punggung sebelah kiri atau kanan apabila kondisinya sudah parah. Kondisi tersebut biasanya akan berkembang pada masa remaja ketika pertumbuhan tulang sedang maksimal. 

Saraf Terjepit

Kondisi saraf terjepit di tulang belakang akan menimbulkan rasa nyeri pada punggung. Rasa nyeri bisa merembet sampai ke paha, bokong, dan kaki. Dalam kasus yang parah, saraf terjepit bisa menyebabkan kelumpuhan. 

TB Tulang Belakang

Seseorang yang mengalami TB tulang belakang, bisa merasakan gejala nyeri punggung. Selain itu, penderita juga merasakan gejala lain seperti pembengkakan punggung, berat badan menurun, demam. 

Stenosis Tulang Belakang

Saat mengalami stenosis tulang belakang, seseorang bisa merasa nyeri pada punggung. Stenosis adalah penyempitan karena adanya pertumbuhan tulang berlebih atau perkapuran di celah antara ruas tulang belakang. 

Osteoarthritis

Osteoarthritis juga dapat menimbulkan sakit punggung sebelah kiri. Osteoarthritis adalah peradangan sendi akibat proses penuaan atau cedera dalam waktu lama pada tulang rawan sendi. 

Gangguan Organ Tubuh Bagian Dalam

Sakit punggung sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh gangguan organ bagian dalam. Jika mengalami rasa nyeri pada punggung kiri, maka bisa menjadi tanda adanya penyakit pada organ dalam tubuh Anda. 

Cara Mengatasi Punggung Sebelah Kiri Sakit

Ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit punggung sebelah kiri. Berikut ini tips yang dapat Anda terapkan. 

  • Perbanyak istirahat
  • Jangan mengangkat beban terlalu berat
  • Menjalani terapi pijat
  • Rutin berolahraga peregangan
  • Mengompres bagian yang nyeri dengan air dingin
  • Mengoles krim atau salep pereda nyeri
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri

Demikianlah ulasan mengenai penyebab punggung sebelah kiri sakit dan cara mengatasinya. Apabila Anda mengalami masalah tersebut, segera terapkan beberapa tips di atas untuk meredakannya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.