Kronologi Lee Seung Gi Minta Kejujuran Agensi Hook Entertainment, Royalti Tak Dibayar 18 Tahun
Lee Seung Gi (Instagram @leeseunggi.official)

Bagikan:

JAKARTA - Lee Seung Gi mengejutkan publik setelah terungkap meminta laporan terbuka kepada agensinya, Hook Entertainment. Ia dikabarkan tidak menerima royalti dari musiknya selama 18 tahun.

Namun ini bukan hal terbaru dari kabar Lee Seung Gi dengan agensinya. Hook Entertainment menjadi sorotan setelah kantor mereka digerebek polisi. Berikut adalah rangkaian kronologi hubungan Lee Seung Gi dan Hook Entertainment:

Kantor Hook Entertainment Diperiksa

15 November lalu, kantor agensi Hook Entertainment digerebek polisi atas dugaan penggelapan dana dari manajemen. Badan Kepolisian Nasional melakukan penggeledahan kantor agensi di Cheongdam-dong, Gangnam, Seoul selama lima jam.

Hal ini terbilang tidak biasa bagi pihak berwajib melakukan penggeledahan di kantor agensi. Apalagi agensi Hook Entertainment menaungi sejumlah nama besar di industri hiburan Korea Selatan.

Tidak sedikit yang menyebut hal ini terjadi setelah Kang Jong Hyun, pebisnis yang dikenal sebagai mantan kekasih aktris Park Min Young juga memiliki hubungan dengan Hook Entertainment.

Meminta Transparansi

Pada 18 November, Lee Seung Gi dilaporkan meminta laporan transparansi pendanaan dari Hook Entertainment. Sang aktor ingin mengetahui aliran dana yang ia terima mengingat ia bergabung dengan Hook sejak debut.

Agensi pun menjawab, “Hook Entertainment menerima sertifikasi konten dari Lee Seung Gi dan sedang mengulas data. Kami bekerja keras untuk menyelesaikan isu tanpa salah paham antara dua pihak.”

Tak Dibayar 18 Tahun

Pada Senin, 21 November, Dispatch mengungkap Lee Seung Gi tidak menerima royalti atas karya musiknya 18 tahun debut. Ia debut sebagai penyanyi lewat album The Dream of a Moth pada tahun 2004 namun ia disebut tidak pernah menerima bayaran dari penjualan album.

Lee Seung Gi merilis 137 lagu dalam 18 tahun tapi tidak menerima bayaran. Melansir Dispatch, karier bermusiknya menghasilkan 9,6 miliar won atau sekitar Rp111,21 miliar.

Penyanyi Penghasilan Minus

Lee Seung Gi menganggap dirinya penyanyi berpenghasilan rendah. Kabar ini diungkap Dispatch dari percakapan sang aktor dengan seorang senior di bidang musik.

“Hyung, saya pikir saya membuat keuntungan dari musik. Bahkan setelah produksi dengan 200 juta won, saya menerima 33,6 juta won,” cerita Lee Seung Gi.

“Apa maksud Anda? Bagaimana royaltinya? Anda menghasilkan banyak uang. Memangnya Anda belum dibayar?” jawab senior tersebut.

“Benar. Saya selalu disebut sebagai penyanyi berpenghasilan minus,” balas Lee Seung Gi.

“Apa maksudnya? Apa syarat dan ketentuan kontrak Anda dengan Hook? Mengapa Anda belum dibayar?” tanya senior itu.

Respons Hook Entertainment

Kwon Jin Young, CEO Hook Entertainment merilis pernyataan resmi terkait masalah yang sedang dihadapi agensi. Meski tidak menyebut secara spesifik, ia minta maaf terkait kabar yang beredar.

“Banyak berita negatif yang dirilis tentang saya dan agensi. Terlepas itu benar atau tidak, saya merasa malu. Semua terjadi karena kelalaian dan kurang bijaksana, saya minta maaf,” kata Kwon Jin Young.

"Kami sedang dalam tahap penyelesaian dan menahan diri untuk tidak mengungkapkan posisi kami karena ada kemungkinan bisa menjadi masalah hukum di masa mendatang,” lanjutnya.

"Ketika posisi Hook Entertainment atau saya sudah jelas dan bertanggung jawab secara hukum, saya akan bertanggung jawab tanpa mundur atau menghindarinya," tutupnya.