Oleh - Oleh Khas Manado yang Bikin Kalian Sekali Rasain Pengen Lagi dan Lagi
Oleh - Oleh Khas Manado (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kota Manado merupakan ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara. Baru-baru Ini, Kota Manado tengah naik daun trennya sebagai tujuan liburan, terutama untuk Indonesia komponen timur. Berkunjung ke Manado, rasanya belum komplit tanpa membawa pulang buah tangan oleh - oleh khas Manado.

Nah, buat Toppers yang berencana untuk berkunjung ke Kota Manado, tak perlu kebingungan dalam memilih, Kali ini ada anjuran daftar oleh-oleh unggulan dari Manado. Yuk, dapatkan oleh-oleh khas Manado....

Oleh - Oleh Khas Manado

Halua Kenari

Halua kenari adalah makanan kedua dari oleh-oleh khas Manado halal yang dibahas di sini. Wujudnya seperti gula-gula kacang. Rasa dari makanan ini manis serta gurih. Kedua rasa ini berasal dari kenari kupas yang memang menjadi bahan utama pembuatannya. Wewangian dari kenari yang dibuat sangatlah harum serta dapat membikin selera Anda muncul langsung.

Halua kenari adalah oleh-oleh makanan khas Manado yang praktis. Anda dapat membeli camilan ini untuk temani waktu santai atau waktu di perjalanan. Cita rasa manis yang dibuat didapat dari paduan gula merah yang dicampur dengan buah kenari. Cairan gula merah yang membungkus kenari akan memunculkan bekas di lidah.

Cakalang Fufu

Beberapa orang masih asing dengan nama makanan ini. Jadi, apa itu cakalang fufu? Cakalang fufu merupakan makanan khas Manado yang terbuat dari ikan cakalang. Ikan itu diberikan bumbu, diasap, kemudian dijepit dengan kerangka dari bambu. Olahan ikan ini menjadi khas dari tempat Minahasa, Sulawesi Utara.

Cakalang fufu dapat menjadi alternatif oleh-oleh khas Manado yang awet meski berbentuk makanan. Sekiranya Anda mau membelinya sebagai buah tangan, jangan lupa untuk memanaskan terutama dulu sebelum dikonsumsi sendiri. Panaskan ikan dengan minyak panas sebagian waktu untuk kemudian dimakan bersama nasi dan sambel.

Pala Manis

Oleh-oleh khas Manado berikutnya yang masuk daftar anjuran yakni Pala Manis. Jajanan satu ini telah familiar tak cuma di kalangan masyarakat Indonesia, tapi dunia. Pala Manis terbuat dari buah Pala yang dibaluri dengan Gula Cair untuk pemanis.

Klappertaart

Oleh-oleh khas Manado yang paling familiar yakni Klappertaart. Kudapan ini sebenarnya adalah kudapan manis orisinil Belanda, tapi varian Manado ini tentunya lekat dengan sentuhan tradisi lokal.

Terbuat dari Air Kelapa, gula, susu, dan tepung, Klappertaart masih jadi unggulan sebagai oleh-oleh khas Manado bagi para pelancong yang berkunjung ke kota yang berada di Teluk Manado ini.

Kacang Goyang

Kacang Goyang merupakan camilan khas Manado yang pasti ada di tiap hajatan besar masyarakat Manado. Nama kacang ini berasal dari pengerjaan pembuatannya yang mewajibkan kacang dicampur dengan sistem digoyang-goyangkan.

Kacang Goyang pada dasarnya merupakan Kacang Atom yang dibalut Tepung Terigu dan gula yang membikin rasanya manis dengan warna menarik.

Jadi setelah mengetahui oleh oleh khas manado, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait