10 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran Agar Tetap Eye Catching dan Tidak Mudah Lepas
Ilustrasi sepatu kebesaran (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara mengatasi sepatu kebesaran sebenarnya mudah. Tips ini jadi pengetahuan tambahan agar sepatu yang kebesaran tetap bisa dipakai tanpa mengganggu penampilan dan aktivitas.

Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran

Mendapati sepatu yang lebih besar ukurannya dibanding ukuran kaki sering terjadi saat membeli sepatu melalui online. Jika tidak hati-hati, ukuran tidak sesuai dengan kaki. Saat menjumpai hal tersebut, sepatu jangan dibuang, cukup lakukan trik di bawah ini.

  1. Gunakan Tisu atau Koran

Cara ini adalah cara paling mudah mengatasi sepatu kebesaran. Koran dan tisu bisa jadi cara paling cepat saat Anda harus mengenakan sepatu namun ukurannya terlalu besar untuk telapak kaki. Caranya mudah, letakkan gulungan koran atau tisu ke dalam sepatu sebelum sepatu dikenakan. Anda bisa melakukan penyesuaian dengan menambah atau mengurangi tisu atau koran agar nyaman. Usahakan jangan sampai terlihat dari luar.

  1. Pakai Kaos Kaki Tebal

Anda bisa juga mengenakan kaos kaki yang berbahan tebal. Kaos kaki tebal biasanya berbahan wol. Ketebalan kaos kaki akan membantu mengisi ruang sisa pada sepatu sehingga tidak mudah lepas saat dipakai.

  1. Pakai Kaos Kaki Panjang

Anda bisa mengenakan kaos kaki panjang, namun jangan dipakai secara full. Kenakan kaos kaki panjang sampai mata kaki, lalu sisa kaos kaki bisa Anda lipat ke dalam sepatu sehingga sepatu yang terlalu besar bisa lebih terisi.

  1. Pakai Insole Sepatu

Insole sepatu adalah lapisan yang digunakan untuk menyiasati ukuran sepatu yang terlalu besar dan biasanya diletakkan di dalam sepatu, antara sol dalam dan kaki sehingga membuat kaki lebih naik.

Insole juga akan membantu menambah kenyamanan sepatu karena bahan yang digunakan biasanya elastis dan empuk.

  1. Gel Sepatu

Gel sepatu juga bisa jadi jalan keluar mengatasi sepatu yang terlalu besar. Bentuk gel biasanya persegi panjang dan bisa diletakkan di dalam sepatu sesuai kebutuhan seperti di bagian tumit atau di ujung sepatu.

  1. Heel Grips

Heel grips adalah produk yang digunakan untuk mengatasi high heels yang terlalu besar. Selain digunakan pada high heels juga bisa digunakan pula pada flat shoes, boots, atau sepatu dengan model tumit tertutup.

Heel grips akan membantu kaki agar tidak mudah lecet saat menggunakan jenis sepatu ini. Tekstur heel grips lembut, dan bisa ditempatkan di bagian tumit.

  1. Double Sided Shoe Tape

Double Sided Shoe Tape ini akan membantu agar sepatu tidak mudah lepas dari kaki. Kondisi tersebut biasanya muncul saat ukuran alas kaki lebih besar dari telapak kaki, dan sepatu dalam kondisi licin. Shoe Tape juga akan memperkecil risiko pemakai sepatu besar terkilir karena sepatu yang terlepas saat berjalan.

  1. Foot Pad atau Ganjal Tumit

Cara kerja ini adalah dengan memberikan ganjalan pada tumit sehingga ruang sepatu yang terlalu besar bisa terisi. Foot Pad dipasang dengan cara diikatkan pada telapak kaki sehingga lebih kokoh dan tidak mudah lepas.

  1. Shoe Filler

Cara kerja shoe filler mirip dengan heels grip, namun bahan yang digunakan berbeda. Shoe filler biasanya dibuat dari busa yang berbentuk bergelombang seperti permukaan jari kaki. Bentuk tersebut memang dimaksudkan pada fungsinya yakni mengisi ruang kosong di area jari kaki saat sepatu terlalu besar.

  1. Ganti Sol

Cara ini memang sedikit membutuhkan usaha keras dan harus dilakukan oleh penjahit sepatu profesional. Penggantian sol sepatu dilakukan saat Anda terpaksa mengecilkan ukuran sepatu karena satu dan lain hal.

Itulah beberapa cara mengatasi sepatu kebesaran. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.