7 Makanan Pencuci Mulut Wajib Coba saat Mengunjungi Turki
Ilustrasi (Korobovaphoto/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Turki merupakan negara yang belakangan ini menjadi populer dan ramai diperbincangkan. Memiliki segudang keindahan panorama dan budaya, Turki juga menyuguhkan sejumlah kuliner khas yang siap memanjakan lidah para pengunjungnya. Buat Anda yang berencana mengunjungi Turki dalam waktu dekat, berikut VOI bagikan rekomendasi dessert atau makan pencuci mulut khas Turki yang wajib Anda coba.

Baklava

(Syed F Hashemi/Unsplash)

Baklava merupakan camilan khas turki yang berbentuk lembaran pastry menyerupai philo yang diolesi mentega dan diberi isian kacang seperti pistachio, walnut, dan hazelnut. Baklava dipanggang hingga berwarna keemasan dan dinikmati selagi hangat. Baklava biasanya disajikan dengan sirup gula yang terbuat dari gula, madu, air mawar dan jeruk.

Dondurma

(yummyistanbul.com)

Camilan khas Turki yang satu ini tentu terlihat sangat menyegarkan. Meskipun terlihat seperti ice cream pada umumnya, dondurma terbuat dari campuran krim, gula, salep, dan mastik. Jika ice cream yang biasa Anda memiliki tekstur yang lembut dan creamy, maka ice cream yang satu ini bertekstur padat dan kenyal serta sedikit keras. 

Jika Anda tertarik untuk membeli dondurma, Anda tentu akan disambut oleh atraksi para pedagang dondurma yang menggoda dan mengecoh pembelinya untuk mengambil cone berisi ice cream tersebut.

Lokum (Turkish Delight)

(Hoang Tran/Unsplash)

Lokum atau Turkish Delight merupakan permen khas Turki. Punya cita rasa manis, Lokum tentu jadi favorit semua orang. Tekstur Lokum yang kenyal membuatnya jadi pelopor permen Jelly Bean di Amerika. Awalnya nama Lokum adalah 'rahat ul-hulküm' yang berasal dari bahasa Turki Ottoman dengan arti rasa rasa nyaman untuk tenggorokan. Karena rasanya yang manis, Lokum kerap dikonsumsi setelah minum kopi untuk menghilangkan rasa pahit kopi Turki. Lokum tersedia dalam ragam rasa seperti kacang, taburan kelapa, dan rasa bunga mawar.

Sutlac

(yummyistanbul.com)

Sutlac merupakan puding khas Turki yang dibuat melalui proses pemanggangan. Puding yang terbuat dari krim, susu, dan gandum ini dipanggang pada bagian atas sehingga sekilas tampak seperti creme brulee.

Kunefe

(Shameel Mukath/Pexels)

Jika Anda adalah pecinta keju, Anda wajib mencoba dessert khas Turki yang satu ini. Perpaduan rasa asin dan gurih dari keju dikombinasikan dengan sentuhan rasa manis dari sirup gula dan taburan kacang kenari di atasnya akan membuat siapa saja ketagihan saat mencobanya.

Revani

(yummyistanbul.com)

Revani terbuat dari tepung semolina atau gandum durum yang dicampur jeruk dan direndam dalam sirup. Ini merupakan jenis makanan pencuci mulut rumahan di Turki. Seseorang tak bisa dikatakan koki pastry Timur Tengah, Yunani, atau Albania jika tidak bisa membuat Revani.

Gullac

(Selvi Media/Unsplash)

Dessert yang satu ini akan sering akan jumpai ketika bulan Ramadhan tiba. Gullac biasanya disajikan ketika dingin sebagai makanan penutup saat berbuka puasa. Camilan yang satu ini terbuat dari Terbuat dari susu, air mawar, roti, kacang, delima, dan bahan-bahan lainnya. Gullac biasanya juga dilengkapi dengan taburan buah berries dan kacang kenari hijau di atasnya.

Itulah deretan makanan pencuci mulut khas Turki. Mana yang paling ingin Anda coba?