Cara Mengatasi Tangan Panas Seperti Terbakar Karena Cabai, Pakai Cara Ini Auto Sembuh!
Cara Mengatasi Tangan Panas Seperti Terbakar (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Berapa kali sehari Anda menggunakan tangan? Pengen tahu cara mengatasi tangan panas seperti terbakar gara - gara cabai?

Dari mencuci piring hingga mandi, bermain video game hingga memindahkan kotak, mengetik di laptop hingga menulis dengan pena dan kertas, tangan kita sangat penting untuk menjalani hari.

Tetapi ketika rasa sakit menyerang, bahkan melakukan tugas yang paling sederhana pun bisa jadi sulit.

Jika Anda menderita tangan terbakar, teruslah membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang gejala yang menyakitkan ini dan apa yang bisa menyebabkannya.

Cara Mengatasi Tangan Panas Seperti Terbakar

Ilustrasi Cabai(Unsplash)

Lupa memakai sarung tangan persiapan makanan sebelum memotong cabai. Rasa sakit pada akhirnya akan mereda, tetapi di bawah ini adalah tips untuk menenangkan bagian yang terbakar itu!

Di masa depan selalu pakai sarung tangan saat memotong cabai jenis apa pun untuk menghindari yang tidak diinginkan.

Mengapa begitu sulit untuk menghentikan luka bakar?

Capsaicin adalah komponen aktif dari cabai dan merupakan minyak. Mencuci dengan sabun dan air tidak menghentikan panas karena capsaicin berbasis minyak tidak larut dalam air.

Kunci untuk menghentikan panas adalah dengan menetralkan minyak lada.

Di bawah ini adalah beberapa solusi yang saya harap akan berhasil untuk Anda. Sejujurnya, cukup sulit untuk menghentikan pembakaran capsaicin, jadi Anda mungkin harus mencoba teknik di bawah ini beberapa kali untuk mendapatkan bantuan.

  • Campuran Alkohol dengan Sabun Cuci Piring: Cara ini paling sukses dengan alkohol gosok & sabun cuci piring. Isopropil alkohol adalah pelarut, artinya adalah pelarut kotoran dan MINYAK. Yang harus dilakukan adalah menyiram tangan dengan alkohol, lalu mencucinya dengan sabun cuci piring. Ulangi sebanyak yang diperlukan untuk menghentikan luka bakar.
  • Sabun Cuci Piring atau Pembersih Gemuk Tangan: Cuci tangan Anda dengan sabun cuci piring atau pembersih gemuk tangan. Keduanya memiliki sifat melarutkan minyak di atas dan di luar sabun tangan biasa.
  • Rendam dalam Tepung Jagung: Pati menarik minyak keluar dari kulit dan dapat membantu menetralkannya.
  • Cuka: Bilas tangan Anda dengan cuka, yang merupakan asam.
  • Aerosol Calamine Lotion: Seseorang menulis bahwa ini adalah satu-satunya hal yang menghentikan luka bakar di tangan mereka. Dua aplikasi bekerja seperti sihir.

Cara Menghilangkan di Mulut

  • Susu berfungsi untuk menurunkan panas. Susu, yogurt, dan krim asam bersifat asam. Capsaicin juga mudah larut dalam lemak yang ditemukan dalam produk susu, jadi ketika Anda mengoleskan krim asam di mulut Anda bersama dengan (atau setelah) gigitan makanan panas, Anda menciptakan pengenceran yang cukup efektif.

Capsaicin dan lemak susu bercampur, menjaga beberapa molekul capsaicin dari menemukan reseptor rasa sakit di lidah Anda.

Ingat, lemaklah yang memberikan kelegaan, jadi krim asam rendah lemak atau yogurt tanpa lemak tidak akan seefektif itu. Penangkal ini mengurangi banyak masakan pedas, dari penggunaan krim asam dengan makanan Meksiko hingga bumbu yogurt yang dimakan dengan makanan India. Dalam masakan Thailand, santan kaya memiliki tujuan yang sama.

  • Makanan & Minuman yang Bersifat Asam: Minum jus tomat atau makan lemon segar, jeruk nipis, nanas, atau alpukat dianjurkan karena semuanya adalah makanan asam yang dapat menetralkan beberapa aktivitas capsaicinoid alkali.
  • Gula / Madu: Pernah mendengar gula membantu menghilangkan pedas? Pasalnya, ada yang mengatakan madu adalah pembuat keajaiban.

Setelah mengetahui cara mengatasi tangan panas seperti terbakar karena Cabai, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!