Sampai di Edinburgh, Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Berangkat ke Katedral St. Giles
Peti Ratu Elizabeth II (Instagram @theroyalfamily)

Bagikan:

JAKARTA - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II sedang berjalan hingga 10 hari ke depan. Peti jenazahnya kini berada di Edinburgh setelah melakukan perjalanan dari Balmoral.

Pada Minggu (11/9) pagi di Skotlandia, peti ini meninggalkan Balmoral dan menuju timur laut negara. Tiga titik perhentian akan dilakukan agar publik bisa memberi hormat untuk terakhir kalinya.

Melansir ABC, setelah sampai di Edinburgh, peti Ratu akan ditempatkan di ruang tahta Istana Holyroodhouse selama sehari. Istana ini merupakan tempat leluhur Ratu, Raja James yang mewarisi takhta Inggris setelah kematian Ratu Elizabeth I.

Hari ini rencananya peti Ratu Elizabeth II akan dibawa menuju Katedral St. Giles.

Para penjaga terlihat memenuhi Katedral St, Giles pada Senin, 12 September sore waktu setempat. Raja Charles III beserta anggota keluarga kerajaan juga turut ambil bagian dari prosesi.

Setelah prosesi dilakukan, kebaktian akan dimulai. Masyarakat Skotlandia juga diberi kesempatan untuk datang dan memberi penghormatan untuk Ratu Elizabeth II.

Rencananya peti itu akan diterbangkan menuju London pada Selasa, 13 September menggunakan jet Royal Air Force. Putri Anne turut ikut dalam penerbangan menuju Istana Buckingham tersebut.

Pihak kerajaan menyebut setidaknya ada jutaan orang yang diperkirakan memenuhi kawasan istana. Selain itu, Presiden Amerika Serikat - Joe Biden dikabarkan menjadi salah satu petinggi yang akan hadir di London.

Ratu Elizabeth II meninggal pada Kamis, 8 September setelah kondisi kesehatannya menurun. Ia meninggal pada usia 96 tahun dengan keluarga yang berada di sampingnya.