Berlian Merah Muda Tanpa Cacat Ini Ditargetkan Terjual Rp311 Juta, Satu Tambang dengan Milik Ratu Elizabeth
Berlian Williamson Pink Star. (Sumber: Sotheby's)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah berlian merah muda yang mempesona, digambarkan sebagai salah satu yang paling murni di dunia, dapat terjual lebih dari 21 juta dolar AS atau setara Rp311.430.000.000 ketika dilelang di Hong Kong pada Bulan Oktober, kata rumah lelang Sotheby's.

Dengan berat 11,15 karat, permata berbentuk bantal ini disebut 'Williamson Pink Star', sebagai penghormatan kepada dua berlian merah muda lainnya.

Salah satunya adalah "CTF Pink Star", berlian dengan potongan oval seberat 59,60 karat yang terjual dengan rekor 71,2 juta dolar AS dalam lelang pada tahun 2017.

Yang lainnya adalah batu 'Williamson', berlian seberat 23,60 karat yang diberikan kepada Ratu Elizabeth Inggris sebagai hadiah pernikahan oleh ahli geologi Kanada John Thorburn Williamson.

Berlian yang Dikenakan oleh Ratu Elizabeth pada bros Cartier miliknya itu, ditemukan di tambang Tanzania. The 'Williamson Pink Star' juga berasal dari tambang itu.

"(Berlian merah muda) sangat langka di alam," kata Kristian Spofforth, kepala perhiasan Sotheby's, kepada Reuters dalam jumpa pers, seperti dikutip 10 September.

"Anda kemudian menambahkan faktor ekstra seperti lebih dari 10 karat, tanpa cacat internal dan Tipe IIA, dan Anda langsung mencapai puncaknya," tambahnya mengacu pada subkelompok berlian yang paling murni secara kimiawi.

Batu permata berwarna kualitas terbaik itu diharapkan mendapat banyak tawaran, ketika ditawarkan untuk dijual dalam lelang mandiri pada 5 Oktober mendatang.

"Kami melihat selama krisis penguncian dan COVID-19, selalu ada permintaan untuk yang langka dan yang indah di dunia, dan ini adalah sesuatu yang sangat langka yang saya pikir akan memiliki banyak penawar pada hari itu," tandasnya.

Sebelum dilelang Oktober mendatang, 'Williamson Pink Star' akan melakukan tur ke Dubai, Singapura, dan Taipei sebelum tiba di Hong Kong.