Rusia Tuntut 103 Tentara Ukraina Terkait Kejahatan, Termasuk 21 Perwira
Ilustrasi tentara Ukraina. (Wikimedia Commons/Ministry of Defense of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Komite Investigasi Rusia melaporkan pada Hari Jumat bahwa sejauh ini telah menuntut 103 prajurit Ukraina, termasuk 21 perwira.

Saat ini, 80 kasus kriminal telah diselidiki, dengan berkas kasus diteruskan ke pihak berwenang di Donbass, Komite Investigasi mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Itu termasuk 66 kasus dengan tuduhan membunuh sedikitnya 167 warga sipil dan melukai 22 orang, serta 14 penyelidikan kriminal atas penembakan fasilitas infrastruktur sipil.

"Sejauh ini, 103 prajurit Ukraina, termasuk 21 perwira, 10 sersan dan 72 tentara, telah diadili," kata Komite Investigasi dalam sebuah pernyataan, melansir TASS 9 September.

Lima kasus pidana lainnya atas tuduhan yang diajukan terhadap lima komandan, atas perlakuan biadab terhadap warga sipil di Republik Rakyat Lugansk (LPR) dan Donetsk (DPR) telah disiapkan untuk diajukan ke jaksa di dua republik Donbass.

Pihak Komite menambahkan, lebih dari 1.500 penyelidikan kriminal lainnya masih dilakukan.

Ditambahkan, Ketua Komite Investigasi Rusia Alexander Bastrykin memimpin pertemuan di Novaya Kakhovka, untuk menyelidiki kejahatan yang dilakukan oleh pasukan Ukraina terhadap warga sipil dan prajurit Rusia di LPR dan DPR, serta di Ukraina.