Berlian Langka The Eternal Pink Bakal Dilelang Pekan Depan, Diperkirakan Laku Rp521 Miliar
Berlian The Eternal Pink. (Sumber: Sotheby's)

Bagikan:

JAKARTA - Anda termasuk kolektor dan pecinta berlian maupun batu permata? Jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki berlian langka The Eternal Pink yang rencananya dilelang pekan depan.

Diberi nama The Eternal Pink dengan berat 10,57 karat, berlian ini bakal dilelang dalam gelaran bertajuk 'Sotheby's Magnificent Jewels' pada 8 Juni di Sotheby's New York, Amerika Serikat, seperti dikutip dari situs rumah lelang 1 Juni.

Disebut memiliki "warna dan kecerahan tak tertandingi", berlian ini diperkirakan akan terjual lebih dari 35 juta dolar AS atau sekitar Rp521.566.500.000, dalam lelang yang dilakukan empat tahun setelah perusahaan perusahaan Afrika Selatan De Beers menemukannya di salah satu tambangnya di Botswana.

Secara resmi digolongkan sebagai warna "merah muda keunguan", itu adalah berlian paling berharga dari naungannya yang pernah muncul di lelang, menurut Sotheby's.

Kepala perhiasan rumah lelang untuk Amerika Quig Bruning mengatakan dalam sebuah pernyataan, batu itu "bergabung dengan jajaran berlian paling penting dalam sejarah."

Harga berlian sangat ditentukan oleh apa yang oleh para ahli gemologi disebut sebagai empat 'C': karat (carat), potongan (cut), warna (color) dan kejernihan (clarity).

the eternal pink
Berlian The Eternal Pink. (Sumber: Sotheby's)

Untuk penilaian yang terakhir, batu tersebut telah diklasifikasikan sebagai "internally flawless", yang berarti cacat apa pun hanya terlihat di bawah pembesaran yang dekat.

Sementara itu, warnanya telah ditetapkan sebagai "fancy vivid", tingkat warna intens tertinggi yang hanya dicapai oleh 4 persen berlian merah muda.

"Warna ini adalah warna merah jambu yang paling indah dan terkonsentrasi dalam berlian yang pernah saya lihat atau yang pernah saya pasarkan," terang Bruning, seperti mengutip CNN.

"Kehadiran dan kelangkaan The Eternal Pink yang luar biasa, membuatnya sebanding dengan karya seni pamungkas — jauh lebih langka daripada Magritte atau Warhol," sambungnya.

The Eternal Pink dipotong dari berlian kasar yang ditemukan pada tahun 2019, dengan berat 23,87 karat lebih dari dua kali beratnya sekarang. Perusahaan berlian Diacore membutuhkan waktu enam bulan untuk mengubah batu itu menjadi bentuknya yang sekarang.

Diketahui, rekor lelang untuk berlian merah muda - atau berlian yang dipoles dengan warna apa pun - saat ini dipegang oleh batu seberat 59,6 karat yang dijual seharga 71,2 juta dolar AS di Sotheby's Hong Kong pada tahun 2017.

Berlian merah muda tersebut dibeli oleh pembuat perhiasan Hong Kong Chow Tai Fook dan berganti nama menjadi "CTF Pink Star".

Sementara, berlian merah muda seberat 11,15 karat yang dijuluki "Williamson Pink Star" memegang rekor harga lelang per karat tertinggi, setelah terjual seharga 453,2 juta dolar Hong Kong (58 juta dolar AS) tahun lalu.