Catat Tanggalnya! Film Tentang Pahlawan Malaysia <i>Mat Kilau</i> Bakal Tayang di Indonesia
Sutradara dan pemain Kisah Mat Kilau (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Film terbaru Syamsul Yusof, Mat Kilau akan tayang di Indonesia. Karya terbarunya ini bergenre epik dan sejarah di mana sosok Mat Kilau adalah salah satu pahlawan di Malaysia.

“Mat Kilau ini adalah seorang pahlawan yang amat terkenal. Cerita ini mengangkat perjuangan dan prinsipnya dalam mengangkat masyarakat melayu,” cerita Syamsul Yusof dalam sesi wawancara pemain Mat Kilau pada Jumat, 26 Agustus.

Film ini terinspirasi dari kisah perjuangan Mat Kilau kala mempertahankan tanah dari jajahan Inggris. Namun dalam film ini, Syamsul Yusof menaruh sudut pandangnya mengenai sang pahlawan.

“Ini ada perspektif saya melihat sosok Mat Kilau karena film ini perlu ada sisi entertain. Saya rasa along the way saya belajar jadi director tapi saya juga mencari apa yang diinginkan audiens,” jelas Syamsul Yusof.

Di Malaysia, film ini sudah ditonton lebih dari 6 juta penduduk. Bahkan film ini menjadi film Malaysia tersukses dalam box office.

Alhamdulillah how impactful this film to society. Bukan hanya penonton tapi juga pemerintah. Film ini dibantu pemerintah dan Finas,” katanya.

Beberapa pemain Mat Kilau juga merasakan senang bisa bergabung dengan proyek film Mat Kilau dan tayang di beberapa negara Asia.

“Saya rasa tidak mudah bekerja dengan Syamsul Yusof. Tapi hanya pemain hebat yang bisa bekerja dengan Syamsul Yusof,” kata Dato Adi Putra pemeran Mat Kilau.

“Kerja sama dengan Syamsul Yusof sangat menuntut sebab dia perfeksionis. Apa yang dia mau, motif yang dia ingin mau, harus sesuai dengan apa yang dia bayangkan,” tambah Fattah Amin sebagai Awang.

“Bagi saya pribadi, kami fokus dengan naskah dan karakter. Tentu, Anda membutuhkan imajinasi dan kekuatan dan kami melakukan pendalaman sendiri,” kata Geoff Andre Feyaerts sebagai Kapten Syers.

Aktor Yayan Ruhian menyebut salah satu hal yang menjadi daya tarik film Mat Kilau yang tidak bisa dilewatkan penonton.

“Mat Kilau menjadi daya tarik karena ini film yang ibaratnya makanan yang dinantikan orang kelaparan. Di mana makanan dan minuman memiliki energi,” kata Yayan Ruhian.

Film Kisah Mat Kilau: Kebangkitan Pejuang bisa disaksikan di bioskop mulai 31 Agustus 2022.