6 Musisi Jalanan yang Kini Jadi Artis Terkenal
Iwan Fals (Instagram @officialrcti)

Bagikan:

DENPASAR – Sebelum sukses di industri musik tanah air, beberapa penyanyi ada yang pernah jadi musisi jalanan. Mereka melakukan beragam usaha untuk merengkuh kesuksesan melalui dunia tarik suara. Lantas, siapa sajakah para musisi yang pernah jadi pengamen di jalanan?

5 Musisi Jalanan yang Kini Jadi Artis Terkenal

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut lima musisi jalanan yang sekarang menjadi artis atau penyanyi terkenal:

  1. Iwan Fals

Siapa yang tak kenal dengan Iwan Fals? Pemilik nama asli Virgiawan Listianto ini merupakan seorang penyanyi, musisi, pencipta lagu, dan kritikus yang menjadi salah satu legenda musik di Indonesia. Lagu-lagu yang dibuat Iwan Flas banyak menceritakan masa-masa kelam era 1970 hingga 1980-an, terutama di bidang politik.

Karya Iwan Fals banyak disukai masyarakat karena kental dengan kritik sosial. Akan tetapi, siapa sangka jika Iwan Fals memulai kariernya sebagai musisi jalanan. Iwan disebut pernah menjadi pengamen di jalanan Kota Bandung.

  1. Charly Van Houten

Charly Van Houten merupakan vokalis dari Setia Band. Grub band tersebut didirikan Charly setelah ST12 bubar.

Ketika masih menjadi vokalis ST12, Charlie bersama Pepep, Pepeng, dan Imam Rush pernah mengorbitkan lagu lagu hits, seperti Putri Iklan, Saat Terakhir dan Putuskan Saja Pacarmu (PUSPA).

Sebelum meraih kesuksesan, Charlie sempat menjadi seorang pengamen. Ia biasa mengamen di sekitar stasiun dan jalanan Kota Bandung.

  1. Via Vallen

Nama Via Vallen mulai dikenal masyarakat luas setelah mendendangkan lagu berjudul Sayang. Kehadirannya sempat membuat heboh industri musik dangdut tanah air.

Bagaimana tidak, Via berhasil menggeser beberapa pendahulunya dalam urusan meraih penghargaan. Pada Indonesian Dangdut Awards 2017, Via berhasil mengalahkan pedangdut-pedangdut kondang seperti Ayu Ting, Ting, Zaskia Gotik, dan Cita Citata sebagai penyanyi dangdut solo wanita terpopuler.

Di balik kesuksesan yang diraih Via, ada cerita suka dan duka. Via disebut pernah menjadi seorang pengamen ketika duduk di bangku jelas 4 sekolah Dasar. Saat itu ia mengamen di pinggir lampu merah karena untuk mencari uang jajan.

  1. Ryan dMasiv

Pemilik nama asli Rian Ekky Pradipta ini merupakan vokalis dari grub band d’Masiv. Grub tersebut didirikan Ryan bersama Kiki, Rai, Rama dan Wahyu pada tahun 2003.

Sebelum menjadi penyanyi terkenal, Ryan bersama d’Masiv rupanya pernah mengalami masa sulit dengan menjadi pengamen. Uang receh yang didapat dari hasil ngamen digunakan untuk latihan di Studio. Ryan mengaku kerap mengamen di bus rute Ciledug-Petukangan-Blok M.

  1. Slank
Kaka Slank (Instagram @fishgod)

Kaka Slank (Instagram @fishgod)

Siapa sangka band rock legendaris yang memiliki fans di seluruh pelosok tanah air ini rupanya mengawali kariernya sebagai musisi jalan. Band yang dimotori oleh Bimbim cs ini kerap menyanyikan lagu-lagu Rolling Stones di pentas kecil dan dijalanan.

Slank mulai dikenal masyarakat luas ketika merilis album Suit..Suit..He..He pada 1990. Slank yang sudah lebih dari 3 dekade berkarya di Industri musik telah merilis 21 album studio berisi 274 judul lagu.

  1. Aris Idol

Januarisman alias Aris Idol merupakan penyanyi yang dikenal berkat ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Dalam kompetisi tersebut, Aris keluar sebagai pemenang.

Kala itu, Aris berhasil memukai dewan juri dan mengungguli Gisella Anastasia alias Gisel yang berada di posisi kedua.

Sebelum terkenal, Aries pernah menjadi pengamen jalanan. Aris biasa mengamen di kereta listrik dan bis.

Demikianlah enam musisi jalanan yang jadi artis terkenal. Manakah yang jadi idolamu?