Bagikan:

JAKARTA - Sebuah buku yang dirancang untuk mendukung kesehatan mental para musisi tur akan dirilis musim semi ini.

Buku berjudul Touring and Mental Health: The Music Industry Manual mengeksplorasi dampak tur terhadap kesehatan mental musisi.

Buku setebal 600 halaman, yang ditulis oleh psikoterapis Tamsin Embleton, mencakup wawancara dengan para musisi seperti Nile Rogers, Four Tet, Philip Selway dari Radiohead, dan banyak lagi.

Sinopsis buku itu berbunyi: “Panduan tur dan kesehatan mental yang komprehensif untuk musisi ini akan membantu artis, manajer tur, manajer produksi, kru, dan tim artis untuk mengidentifikasi dan mengatasi berbagai kesulitan psikologis yang dapat terjadi selama atau sebagai akibat dari tur.

“Ditulis oleh psikoterapis, pelatih kinerja, pelatih vokal, ahli diet, psikolog, dan ahli tidur, ahli kesehatan seksual, dan ahli kecanduan, buku yang penting ini memberikan panduan praktis, sumber daya, pendidikan psiko, diagram, ilustrasi, dan sketsa dari musisi dan tokoh personel tur terkemuka.”

Berbicara melalui JamBase, Selway dari Radiohead berkata tentang buku yang akan datang;

"Seandainya buku ini ada ketika saya pertama kali memulai tur… Ini harus menjadi hal pertama yang kita semua kemasi saat kita pergi ke jalanan,"

Buku ini dijadwalkan terbit pada bulan Maret tahun ini.