46 Calon Jemaah Dideportasi, Ini Alasan Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, Rizky Billar Tolak Haji Furoda
Nagita Slavina - Raffi Ahmad (Instagram @raffinagita1717)

Bagikan:

JAKARTA - Isu Haji Furoda merebak di media sosial. Sebanyak 46 calon Haji Furoda asal Indonesia dideportasi dari Arab Saudi. Hal ini disebabkan mereka tidak lolos di bagian pengecekan imigrasi.

Haji Furoda adalah istilah untuk pelaksanaan haji dengan visa yang diperoleh melalui undangan dari Pemerintah Kerajaan Saudi Aradia. Visa ini dikeluarkan oleh kedutaan tanpa menunggu antrian.

Gus Miftah diketahui mendapat undangan dari Arab Saudi dan berencana memboyong beberapa artis dengan jumlah pengikut banyak di Instagram. Beberapa nama yang ia klaim akan ikut adalah Raffi Ahmad, Deddy Corbuzier, dan Rizky Billar. 

Namun, ketiganya tidak jadi berangkat. Masing-masing punya alasan untuk menolak undangan dari Raja Saudi Arabia tersebut. Berikut penjelasannya. 

Raffi Ahmad

Di awal Gus Miftah mengklaim tiga nama itu akan ikut naik haji dengannya. Namun tidak ada kabar perkembangan dari ketiganya. Gus Miftah menyebut Raffi Ahmad tidak bisa ikut karena harus mengurus jadwal.

“Raffi dari awal sudah bilang, pas visa turun Raffi bilang ‘Bro gue enggak bisa nih berangkat karena gue harus atur jadwal” kata Gus Miftah melansir Cumicumi.

Deddy Corbuzier

Gus Miftah juga menyebut rencana Deddy yang haji belum terlaksana. Kesibukannya sebagai pengusaha dan YouTuber membuat proses pendaftaran menjadi tertunda.

“Saya tadinya berharap ini jadi kado pernikahan mas Deddy. Tapi mas Deddy sibuk dengan pernikahannya jadi dokumennya belum dikirim. Jadi ya belum tahu berangkat atau tidak,” kata Gus Miftah.

Di lain kesempatan, Gus Miftah menyebut Deddy Corbuzier adalah orang yang idealis sehingga ia tidak ingin ibadah pun dibayar oleh pihak travel.

Rizky Billar

Begitu juga dengan Rizky Billar, Gus Miftah menyebut tanggal 12 ia memiliki jadwal dan visanya belum selesai. Oleh karena itu, Gus Miftah hanya memasrahkan ketiganya tidak bisa memenuhi undangan.

“Demikian juga Rizky Billar, dia tanggal 12 harus syuting iklan. Terus apalagi isunya visa belum kelar semua,” kata Gus Miftah.