Kecelakaan, Ziva Magnolya Jadi Gadis Buta
Ziva Magnolya (Foto: Rifai, DI: Raga/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ziva Magnolya dan Naufal Samudra beradu akting dalam film Sinar untuk Genta. Film ini akan tayang di KlikFilm mulai Jumat, 24 Juni 2022.

Film ini bercerita tentang Sinar (Ziva Magnolya) yang harus kehilangan penglihatannya karena kecelakaan. Hal itu membuat Sinar merasa putus asa dan kehilangan keceriaannya, hingga akhirnya ia bertemu dengan Genta (Naufal Samudra). Sinar dan Genta nantinya akan menjalin kedekatan, namun juga akan menghadapi banyak lika-liku bersama.

Ziva mengaku mengaku sangat bahagia dan merasa tertantang memerankan Sinar. Dia kesulitan dalam memerankan karakter Sinar adalah seorang perempuan yang sangat menyukai musik, tetapi harus kehilangan penglihatannya.

Saat berperan sebagai seorang tunanetra, Ziva sempat mengalami kesulitan memerankannya karena tidak tahu apa yang sebenarnya orang tunanetra rasakan dan yang mereka lihat.

"Aku kesulitan banget sih memerankan orang yang buta. Karena kan sebenarnya aku nggak tahu ya, nggak tahu cara mendeskripsikan orang buta itu, apa sih yang mereka lihat gelapkan atau apa. Jadi ya kesulitannya gimana caranya bisa menggambarkan orang buta itu," ujar Ziva saat konferensi pers, pada Kamis, 23 Juni.

Untuk mendalami karakternya, Ziva banyak berdiskusi dengan sutradara dan dibantu oleh pelatih akting. Tak hanya itu, ia juga dibantu dengan seorang kru filmnya yang memiliki saudara tunanetra.

"Pertama aku tanya-tanya sama sutradara dan kebetulan ada akting coach juga. Ada kru yang juga punya saudara nggak bisa melihat gitu, yang dari kecelakaan. Itu memang aku banyak tanya tentang orang butanya, tetang apa sih yang mereka lihat gitu, ya memang semua hilang sih. Dari situ aku lumayan dapat ilmu juga, sama searching-searching juga sih," katanya.

Ziva menyampaikan bahwa mendalami karakter Sinar, ia juga dibantu dengan pengalamannya sebagai penyanyi. Ia menyatakan dengan kemampuannya bisa membayangkan atau mengimajinasikan sesuatu, membuatnya mudah masuk ke dalam karakternya.

"Aku kan basic-nya penyanyi ya, menyanyi dengan berakting itu sebenarnya beda-beda tipis. Kalau misalnya bernyanyi aku nggak perlu merasakan (isi lagu), tapi sebelum nyanyi aku berkhayal, aku membayangkan ada di posisi itu," tuturnya.

"Jadi, aku merasa segala sesuatu itu nggak harus memang kita cemplungin, kita harus lakuin itu untuk merasakan itu. Jadi selagi kita bisa menggambarkan apa yang kita imajinasikan, itu bisa sama tahu caranya. Jadi iya (menyanyi membantu mendalami karakter)," kata Ziva Magnolya.

Sementara Naufal Samudra mengaku sudah membaca novel yang menjadi cerita film ini, bahkan sebelum ditawarkan memerankan Genta.

"Aku terima karena satu lawan mainnya Ziva, sama jalan ceritanya bagus banget. Jadi, sebelum aku diminta jadi Genta, aku memang sudah baca novelnya. Karyanya itu touching banget, aku terharu pas ditawarkan jadi Genta, jadi ya aku terima saat ditawarkan," jelas Naufal.