Film Fatahillah Merangkum Perjuangan Ulama Mengusir Portugis  dan Mendirikan Jayakarta
Film Fatahillah

Bagikan:

JAKARTA - Film Fatahillah mengisahkan tentang tokoh ulama yang berjuang mengusir Portugis dan kemudian mendirikan Jayakarta atau sekarang disebut sebagai Kota Jakarta. Film Fatahillah ditulis oleh Deddy Armand, lalu disutradarai oleh Imam Tantowi dan Chaerul Umam.

Rilis pada tahun 1997 produksi film ini menghabiskan biaya mencapai Rp1,2 miliar. Film ini dibintangi oleh Igo Ilham sebagai Fatahilah.

Fadhilah Khan yang kemudian dikenal sebagai Fatahillah atau Falatehan diperankan oleh Igo Ilham, kecewa ketika melihat negerinya, Pasai, dihancurkan Portugis. Selesai menuntut ilmu di Tanah Suci, ia lalu bergabung dengan Sultan Trenggono (diperankan oleh Abdi Wiyono) yang merupakan pemimpin Kesultanan Demak.

Fatahillah kemudian mendapat posisi terhormat sebagai ulama, ia lalu menikah dengan adik Sultan Trenggono, Ratu Pembayun (diperankan Linda Jatmika). Setelah Ratu Pembayun meninggal, Fatahillah kemudian menikah kembali dengan Ratu Ayu (diperankan oleh Yuni Sulistyawati), janda Adipati Unus yang gugur dalam pertempuran melawan Portugis di perairan Malaka.

Portugis yang makin merajalela ingin mendirikan benteng di Sunda Kelapa lewat persekutuannya dengan Raja Pajajaran. Kesultanan Demak terpanggil melakukan perang terhadap Portugis. Fatahillah akhirnya terpilih sebagai panglima perang melawan Portugis.

Tertarik menonton? Film Spesial tvOne akan kembali menyiarkan film Fatahilah pada hari Minggu, 26 Juni 2022 pukul 20.00 WIB.