<i>Mank</i> yang Lampaui Standar David Fincer akan Tayang di Netflix 4 Desember
Gary Oldman dalam Mank (Instagram/@mank)

Bagikan:

JAKARTA - Mank, karya terbaru sutradara David Fincher akan ditayangkan di Netflix pada 4 Desember 2020. Tanggal yang patut dinantikan.

Beberapa hari lalu, Netflix merilis trailer film. Trailer berdurasi dua menit 48 detik dibuka dengan narasi singkat yang menjelaskan tentang sosok Herman J. Mankiewicz, penulis naskah film legendaris Citizen Kane (1941).

Cerita Mank akan meliputi perjalanan karier Mankiewicz, dengan Gary Oldman sebagai pemeran utama. Trailer juga mengungkap bagaimana Mankiewicz meminta orang-orang mengganti panggilannya menjadi "Mank".

Mankiewicz juga digambarkan sebagai sosok yang tak kenal basa-basi. Adegan lain trailer juga memberi petunjuk bahwa Mankiewicz sempat berkarier sebagai kritikus teater sebelum kemudian beralih menjadi penulis naskah film.

"Hollywood di tahun 1930-an dievaluasi kembali melalui mata seorang kritikus sosial sekaligus penulis naskah pecandu alkohol, Herman J Mankiewicz, selagi ia berjuang menyelesaikan naskah Citizen Kane untuk Orson Welles," termaktub dalam sinopsis Mank.

Proyek ini istimewa bagi Fincher. Mank menandai kembalinya ia ke dunia film setelah enam tahun lebih tak menelurkan karya, dengan Gone Girl (2014) sebagai karya terakhirnya.

Dalam Mank, Fincher juga mengerjakan penulisan naskah. Fincher melanjutkan naskah yang sempat ditulis oleh sang ayah, Jack, sebelum meninggal dunia pada 2003 lalu.

Dikutip NME, penulis naskah The Social Network (2010) --film Fincher lainnya, Aaron Sorkin mengatakan bahwa Mank adalah film yang benar-benar keren.

"Ditulis oleh ayah Fincher, yang merupakan penulis brilian. Namun, David juga menyutradarai film ini dengan luar biasa. Film ini bahkan sangat luar biasa untuk standar David Fincher," kata Sorkin seperti dikutip NME, Sabtu, 24 Oktober.

Selain Fincher, sorotan juga ada dalam diri Gary Oldman. Sang aktor dikatakan Sorkin memberi penampilan luar biasa dalam film ini. Pun dengan Lily Collin dan Amanda Seyfried.