Dengan Santai Faisal Jawab Keraguan Doddy Sudrajat: Saya Tidak Minta Dipanggil Haji
Haji Faisal (Foto: Ig @h_faisal_69)

Bagikan:

JAKARTA - Ada saja masalah yang diutarakan Doddy Sudrajat sejak meninggalnya Vanessa Angel. Tak cuma berselisih tentang putri dan cucunya, terbaru Doddy Sudrajat mengaku ragu akan gelar haji yang disematkan pada besannya, Faisal.

Pangggilan Haji di Indonesia biasanya disematkan kepada orang yang telah selesai menjalani rukum Islam kelima di Tanah Suci Mekkah. Tanpa diminta, biasanya masyarakat otomatis memanggil dengan sebutan Haji di depan namanya.

Karena itu, Faisal menanggapi keraguan Doddy dengan santai.
"Kalau masalah Haji diragukan masalah gelar Haji orang yang pergi ke Mekkah, begitu dia pulang dari Mekkah orang sudah memanggil Haji," kata Faisal di kutip dari kanal YouTube Seleb Oncam, Minggu, 12 Juni.

"Bukanlah suatu gelar yang melalui pendidikan formal ya, kan salah satu rukun Islam itu adalah naik Haji, nah saya pergi Haji tentu pergi ke Mekkah, pulang tentu saya dipanggil orang Haji," lanjutnya.

Faisal menegaskan, dia tidak pernah meminta orang memanggilnya dengan sebutan Haji. "Saya tidak meminta dipanggil Haji, karena begitu tuntutan ya sudah saya mau bicara apa, mau berkata apa," ujar Faisal.

Menurut Haji Faisal, Doddy Sudrajat tak pantas membahas tentang kegamaan orang lain. "Di dalam persoalan beragama menurut saya bagi saya beragama seseorang itu, itu tidak bisa kita ukur tidak bisa kita nilai karena itu urusan hatinya, urusan pribadinya kepada Allah SWT," tegasnya.