<i>The Man Standing Next</i>, Perwakilan Korea untuk Oscar 2021
Poster The Man Standing Next (Showbox)

Bagikan:

JAKARTA - Korea Selatan memilih film terbaru yang ikut bersaing dalam penghargaan Oscar 2021. Melihat kesuksesan Parasite di kancah internasional membuat mereka bersiap mencalonkan film yang nampaknya mendapat apresiasi serupa.

The Man Standing Next, film arahan Woo Min-ho ini dipilih Dewan Film Korea (KOFIC) untuk berkompetisi dalam penghargaan film tertinggi tersebut.

Film berlatar belakang tahun 1970 di Korea di mana negara tersebut berada di dalam kuasa Presiden Park Chung-hee yang kontroversial. Segala peristiwa yang terjadi mengarah kepada pembunuhan salah satu tangan kanannya tahun 1979.

Film thriller politik ini meraih kesuksesan saat penayangan di awal tahun 2020. Melansir Deadline pada 23 Oktober, film ini meraih 36,4 juta dolar AS ketika dirilis pada Januari.

The Man Standing Next diperankan oleh Lee Sung-min, Lee Byung-hun, Kwak Do-won, Lee Hee-joo dan Eric Bernard. Film ini juga meraih ulasan dan apresiasi positif dan memenangkan beberapa penghargaan di negara asalnya.

Sementara itu, Oscars 2021 akan diselenggarakan pada 25 April karena pandemi COVID-19. Saat ini, beberapa negara sudah mengirimkan entri film setelah Korea Selatan.

Sebelumnya, Parasite menjadi film Korea Selatan pertama yang memberi kemenangan bagi Korea Selatan. Film ini menjadi film non bahasa Inggris pertama yang meraih penghargaan Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Naskah Terbaik yang ditulis Bong Joon-ho.