Makan Pakai Tangan Terasa Lebih Enak, Penelitian Membuktikan
Ilustrasi (KoolShooters/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda termasuk yang suka makan ayam goreng dan pizza menggunakan tangan kosong atau pakai sendok atau garpu atau pisau? Cara makan yang Anda pilih bisa memengaruhi porsi makan Anda.

Riset yang dipublikasikan di Journal of Retailing  ini sebenarnya dilakukan untuk mencari cara untuk meningkatkan konsumsi pelanggan retail makanan. Tapi bagi Anda ini juga bisa berguna untuk membantu menambah selera makan anak atau mengerem makan Anda.

Sebuah riset yang dipimpin Adriana Madzharov dari Stevens Institute of Technology meneliti empat pengalaman makan untuk menyelidiki bagaimana makan menggunakan tangan kosong memengaruhi persepsi terhadap makanan dan memengaruhi jumlah makanan yang kita konsumsi. 

Hasilnya ditemukan, makanan cenderung lebih mengundang selera dan menyenangkan saat kita menyentuhnya dengan tangan langsung ketimbang makan menggunakan alat. 

Riset ini menjawab mengapa Anda susah berhenti mencomot kentang goreng atau popcorn, ya. Riset ini juga membenarkan anggapan bahwa lebih enakan makan pizza pakai tangan ketimbang pakai pisau dan garpu. 

Kesimpulannya, kalau bermaksud mengendalikan keinginan makan agar tak berlebihan, baiknya Anda makan ayam goreng, french fries, atau pizza menggunakan alat makan. Apalagi jika Anda termasuk orang yang susah menahan keinginan untuk makan terus.

Atau jika Anda ingin anak Anda yang susah sekali dibujuk untuk menghabiskan makanannya, mungkin Anda perlu membiarkannya menyentuh makanan. Tapi ingat, ajarkan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun setidaknya 20 detik, agar tangan bersih dari kuman.