Bagikan:

JAKARTA - Damon Koeswoyo mewujudkan keinginannya untuk mendaur ulang lagu-lagu Koes Plus agar dapat terus dinikmati pencinta musik di Tanah Air. Putra Tonny Koeswoyo itu melepas lagu Biarlah Ini terjadi.

Biarlah Ini Terjadi adalah lagu karya Yon Koeswoyo yang ada dalam album Koes Plus 1994. Lagu ini meninggalkan kesan tersendiri bagi Damon mengingat ia terlibat langsung dalam penggarapan album itu untuk menggantikan posisi ayahnya.

Tidak seperti lagu-lagu Koes Plus sebelumnya yang dibawakan ulang oleh Damon, seperti Panah Asmara (Yok Koeswoyo) dan Cintamu Tlah Berlalu (Tonny Koeswoyo), yang ditampilkan dalam balutan aransemen musik kekinian, kali ini Damon berharap Biarlah Ini Terjadi lebih menangkap esensi musik Koes Plus seperti saat digawangi oleh ayahnya.

Inisiatif mendaur ulang lagu ini timbul karena Damon merasa suka dan cocok dengan nada lagunya. Walau aransemen musik oldies-nya dipertahankan, dengan pengolahan suara instrumen yang lebih modern dan beat yang lebih agresif lagu ini terasa lebih semarak dari versi aslinya.

"Jalan musik rock progresif atau alternatif rock Damon Koeswoyo tidak menghilangkan detak nadi melodius yang mewujud dalam harmoni lincah dan komunikatif. Maka menjadi semakin indah ketika disuntikkan dalam akar musik sang ayah, Tonny Koeswoyo-jantung musik yang menjadi inspirasi notasi-notasi sayatan gitarnya," kata Abednego T. Gumono, pemerhati musik Koes Bersaudara dan Koes Plus dikutip dari keterangan resmi yang diterima VOI.

"Singel Biarlah Ini Terjadi sah didaulat kembali Damon, sebagai bagian karya Koes Plus 1994 bersama dirinya. Diketengahkan dalam warna kombinasi rock yang melodius, menambah lentiknya lagu yang pada awalnya sengaja dirancang dalam sentuhan ruh Tonny Koeswoyo itu. Inilah bukti persembahan dedikasi musikalitas Damon Koeswoyo pada Ayahnya, pada Koes Plus, pada Koes Bersaudara, dan pada segenap pencinta musik Indonesia," tutup Abednego.