Silangkan Permainan Gitar Slide dengan <i>Sound</i> Fuzz, Musisi Blues Adrian Adioetomo Lepas Single <i>Volatile Love</i>
Adrian Adioetomo (Dok. Adrian Adioetomo)

Bagikan:

JAKARTA - Gitaris delta blues kebanggan Tanah Air, Adrian Adioetomo melepas lagu tunggal terbaru berjudul Volatile Love pada 5 Mei kemarin.

Lagu ini dicomot dari album tidak berjudul yang dirilis pada akhir Februari 2021 lalu. Meskipun jarak perilisan Volatile Love dengan single sebelumnya, Everything Gone Wrong, cukup jauh, subyek dalam lagu ini tetap relevan karena masih tentang perihal abstrak sebuah hubungan.

"Kali ini mengetengahkan perihal mempertahankan seseorang walau harus bertaruh dengan ketidakpastian emosinya," kata Adrian Adioetomo dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Sabtu, 7 Mei.

"Lagu ini merupakan romantisasi dari keadaan tersebut; bahwa dahaga-cinta yang sedang menghadapi “ledakan-ledakan” acak dari sifat seseorang, dapat terdengar seksi," lanjut dia.

Dalam single ini, Adrian Adioetomo menggabungkan permainan gitar slide khas musik blues dengan sound gitar clean dan juga sound gitar fuzz yang cenderung ‘hancur’. Hal ini melukiskan kesan bertemunya dahaga dengan ledakan-ledakan tadi. 

Untuk mempertegas kesan 'panas' yang sudah terasa, Adrian Adioetomo juga meminjam bunyi-bunyi dan nada-nada berbau budaya India yang terkenal dengan makanan pedasnya.

Pada beberapa bait vokal Adrian Adioetomo juga dibalut dengan efek distorsi. Hal ini merupakan bagian dari eksperimentasi dalam ‘mempertajam’ perasaan dari nada-nada berdasar blues yang membawa lirik khas ber-idiom blues.

Namun demikian, vokal pada reff tetap diketengahkan dengan jelas dan lantang.