Rangkuman Perjalanan Johnny Depp - Amber Heard: Film, Menikah, hingga Lawan dalam Sidang
Amber Heard - Johnny Depp (GK Films)

Bagikan:

JAKARTA - Johnny Depp dan Amber Heard berhadapan di sidang atas kasus pencemaran nama baik yang digugat Depp. Setelah kalah melawan media The Sun, Depp kini menuntut ganti rugi dari mantan istri karena merugikan kariernya.

Hubungan mereka mengalami pasang surut meskipun sudah resmi bercerai pada tahun 2017. Depp dikeluarkan dari beberapa proyek film termasuk Fantastic Beasts 3, sedangkan Amber Heard masih melanjutkan sejumlah produksi film.

Berikut adalah rangkuman lengkap perjalanan Johnny Depp dan Amber Heard:

The Rum Diary

Johnny Depp memiliki daftar kencan sejak 1989 mulai dari Winona Ryder, kemudian Kate Moss hingga Vanessa Paradis. Namun pencarian itu berakhir dengan Amber Heard setelah bertemu di lokasi syuting The Rum Diary tahun 2009.

Depp dan Heard mulai berkencan pada awal tahun 2012 setelah Depp mengakhiri hubungan dengan Paradis usai 14 tahun menjalin hubungan. Heard juga putus dengan Tasya Van Ree pada saat yang sama dan sempat ditangkap polisi karena menyerang Van Ree di Washington.

Kekerasan Fisik

Depp dan Heard dikabarkan bertunangan setelah Heard terlihat mengenakan cincin. Namun mereka memutuskan untuk menikah pada tahun 2015 secara tertutup.

Satu tahun berlalu, Heard menggugat cerai Depp dengan alasan sang suami melakukan kekerasan fisik selama menjalin hubungan terutama ketika ia di bawah pengaruh obat atau alkohol. Dia mengatakan Depp melempar telepon genggam ketika dia ingin bicara soal perceraian.

Saat itu, Johnny Depp membantah klaim tersebut dan pihaknya menduga Amber Heard mencoba mengamankan keuangan dengan membuat tuduhan ini. Masalah itu selesai dengan Heard yang mendapat 7 juta dolar dan ia disebut menyumbang uang itu untuk badan amal.

Bercerai, Tuduhan Kekerasan Rumah Tangga

Johnny Depp dan Amber Heard resmi bercerai pada tahun 2017, setahun setelah gugatan Heard serahkan. Depp mempertahankan properti pribadinya termasuk pulau pribadi Bahama, mobil, dan motor pribadi.

Mereka juga membuat perjanjian untuk tidak membicarakan pihak satu sama lain secara negatif. Pada tahun 2018, Amber Heard menulis sebuah artikel untuk The Washington Post mengenai potret wanita dalam kasus kekerasan domestik.

“Saya menjadi figur publik yang merepresentasikan kekerasan domestik dan saya merasa ada rasa murka dari publik kepada perempuan untuk bicara,” tulis Amber Heard. Nama Johnny Depp tidak disebut.

Gugatan dan Tuduhan Johnny Depp

“Dia (Amber Heard) bukan korban kekerasan domestik, dia adalah pelaku,” ujar Johnny Depp.

Amber Heard membuktikan bahwa dia memiliki bekas luka di lengan dan kaki. Ia menyebut itu luka itu didapat ketika Depp melemparnya ke meja ping pong dan menariknya lewat pecahan gelas.

Tahun 2020, sebuah rekaman beredar yang memperdengarkan Amber Heard mengaku kalau ia menyerang Johnny Depp.

“Aku minta maaf kalau aku tidak menamparmu dengan benar tapi aku menonjokmu. Sayang, kamu tidak ditonjok. Aku enggak tahu gerakan tanganku tapi kamu baik-baik saja. Aku enggak menyakiti kamu,” kata Amber Heard dalam rekaman.

“Aku pergi kemarin malam. Aku bersumpah karena aku enggak mau kita saling abusif. Kalau kita terus lanjut, ini bakal jadi buruk. Aku kasih tau. Aku takut kita jadi di lokasi kriminal,” jawab Johnny Depp.

Johnny Depp Kalah dan Mundur dari Fantastic Beasts

Johnny Depp menggugat media The Sun ketika mereka menyebut Depp sebagai pemukul istri tahun 2018. Depp juga mengungkap perselingkuhan Heard dengan James Franco dan Elon Musk namun dibantah Heard.

Empat hari kemudian, Johnny Depp diminta mundur oleh Warner Bros dari peran sebagai Grindelwald pada Fantastic Beasts 3. Depp tetap menerima honor sesuai dengan perjanjian kontraknya.

Kalah di persidangan, ajuan banding Depp ditolak oleh pengadilan London pada Maret 2021. Depp pun menuntut Heard dengan jadwal sidang pertama pada 11 April sebagai tuntutan atas artikel The Sun. Depp dan Heard saling menuntut satu sama lain dengan 100 juta dolar atau 1,3 milyar.

Saling Tuduh Menuduh

J. Benjamin Rotterborn, pengacara Amber Heard mengatakan, “Karena Johnny Depp membawa kasus ini, semua akan terungkap. Amber Heard tidak ingin publik tahu siapa Depp sebenarnya tapi kalian akan mengetahui Johnny Depp yang asli di balik kostum bajak laut.”

Johnny Depp mengatakan Amber Heard adalah pelaku kekerasan sebenarnya. Heard pernah melempar gelas vodka dan gelas wine dan pernah mengotori tempat tidur dengan kotoran manusia.

Pihak Amber Heard menyatakan sang aktris harus menutupi luka dengan membawa concealer selama menjalin hubungan dengan Johnny Depp. Hal ini disebabkan Depp sering melakukan kekerasan selama hubungan mereka.