Ada Makna di Balik Pemilihan Duta FFI 2022: Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon
Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, Shenina Cinnamon, Cut Mini (FFI 2022)

Bagikan:

JAKARTA - Cut Mini, Marsha Timothy, Prilly Latuconsina, dan Shenina Cinnamon dinobatkan sebagai Duta Festival Film Indonesia (FFI) 2022. Keempat aktris ini melambangkan tema FFI yaitu Perempuan: Citra, Karya & Karsa.

Tema yang dipilih adalah wujud dari besarnya perempuan dalam membangun ekosistem Indonesia. Selain itu, keempat perempuan yang dipilih merupakan nominasi dan pemenang FFI di tahun berbeda.

“Mereka akan mengemban tugas sebagai spokesperson mewartakan tentang program FFI tahun ini dan pastinya sering bertemu dengan rekan media,” kata Reza Rahadian, Ketua Komite FFI pada Rabu, 30 Maret.

Shenina Cinnamon mewakili Perempuan sebagai peran dalam ranah perfilman global. Ia berhasil membawa perfilman Indonesia ke dunia lewat perannya dalam film Penyalin Cahaya.

“Aku berharap industri film mulai banyak dan memberi kesempatan untuk perempuan ikut serta di dalamnya karena ini bukan ruang untuk gender tertentu,” kata Shenina Cinnamon.

Cut Mini yang sudah membintangi belasan judul film mewakili Citra yakni potret perempuan Indonesia dari masa ke masa. Menurutnya, perempuan sudah banyak berkecimpung di industri namun masih kurang sorotan.

“Wanita itu bukan cuma pemanis dalam perfilman tapi juga membawa andil dan membawa karya yang dipertontonkan untuk masyarakat Indonesia,” kata Cut Mini.

Prilly Latuconsina mewakili Karya sebagai andil perempuan di balik layar perfilman. Ia memulai debut sebagai produser lewat film Kukira Kau Rumah yang rilis di tahun ini.

“Banyak sekali perempuan yang memberi andil, berani berkarya dan memimpin produksi yang menginspirasi yang muda,” kata Prilly Latuconsina.

Selain itu ada Marsha Timothy yang mewakili Karsa sebagai wujud ruang aman untuk perempuan di industri perfilman.

“Ruang aman untuk perempuan dalam perfilman seharusnya layaknya seperti sahabat sejati. Mendengarkan, berbagi rasa, tanpa ada ketakutan dihakimi, dapat memberi ketenangan,” kata Marsha Timothy.

Bersamaan dengan ini, komite juga mengumumkan pendaftaran FFI 2022 dibuka mulai hari ini hingga 31 Agustus 2022 untuk kategori Film Cerita Panjang dan 15 September 2022 untuk kategori Film Non Cerita Panjang.