Sidang Permohonan Jaminan Rhea Chakraborty Digelar Kemarin, Ini Hasilnya
Rhea Chakraborty (Instagram @Rhea_Chakraborty)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris Rhea Chakraborty dan kakaknya Showik menjalani sidang permohonan jaminan pada Kamis kemarin. Dua bersaudara ini mengatakan kepada Pengadilan Tinggi Bombay bahwa Biro Pengendalian Narkotika (NCB) - yang menyelidiki kasus narkoba terkait dengan kematian aktor Sushant Singh Rajput - tidak memiliki yurisdiksi untuk memulai penyelidikan. 

Pengacara mereka Satish Maneshinde mengatakan kepada pengadilan bahwa kasus narkoba yang sedang ditangani oleh NCB seharusnya telah dipindahkan ke CBI, yang menyelidiki kematian Rajput.

Pengadilan tidak mengeluarkan perintah apa pun atas permohonan jaminan dari Chakraborty dan menyarankan agar NCB mengajukan balasan pada hari Senin.

Rhea dan Showik didakwa oleh NCB di bawah berbagai bagian dari Undang-Undang Narkotika dan Psikotropika (NDPS). Saat ini mereka dalam tahanan yudisial, keduanya telah mendekati pengadilan tinggi awal pekan ini untuk menantang perintah pengadilan khusus NDPS di kota yang telah menolak permohonan jaminan mereka.

Maneshinde mengatakan kepada satu kursi hakim yang dipimpin oleh Hakim Sarang Kotwal bahwa Mahkamah Agung, saat mendengarkan permohonan penyelidikan CBI atas dugaan bunuh diri Rajput, telah memutuskan bahwa semua kasus yang terkait dengan kematian akan diselidiki oleh CBI.

"CBI, yang sudah menyelidiki kasus kematian, juga diberi wewenang untuk menyelidiki kasus-kasus berdasarkan Undang-Undang NDPS," kata Maneshinde dilansir dari Hindustan Times, Jumat, 25 September.

“Oleh karena itu, NCB seharusnya mengalihkan penyelidikan ke CBI setelah pelanggaran berdasarkan UU NDPS didaftarkan,” katanya.

Sang pengacara mengatakan, baik Rhea maupun Showik seharusnya tidak didakwa berdasarkan pasal 27A (pembiayaan perdagangan gelap narkoba atau pelanggar pelabuhan) yang ketat dari Undang-Undang NDPS, yang berkaitan dengan pembiayaan obat-obatan dan mengatur hukuman penjara hingga 10 tahun berdasarkan hukuman.

Namun, dua bersaudara dan orang-orang yang ditangkap dalam kasus tersebut telah mempertahankan dalam permohonan jaminan mereka bahwa NCB hanya menyita 59 gram obat-obatan. Jumlah ini terbilang kecil dan tidak bisa dikategorikan sebagai jumlah komersial sehingga ketentuan ketat dari NDPS, 1985, seperti Pasal 27A tidak berlaku.

Pengacara Anil Singh, yang mewakili NCB, mengatakan mereka akan membalas semua argumen yang diajukan atas nama saudara kandung Chakraborty. Dia, bagaimana pun, mencari waktu untuk mengajukan pernyataan tertulis sebagai balasan atas aplikasi jaminan. 

Hakim Sarang Kotwal memutuskan untuk melanjutkan sidang pada 29 September.