Aktor Terkenal Ukraina Pasha Lee Tewas Tertembak Pasukan Rusia, Ini Daftar Film yang Dibintanginya
Pasha Lee (Foto: IG @pashaleeofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Invasi Rusia ke Ukraina masih berlangsung. Korban pun berjatuhan dalam pertempuran tersebut. Salah satunya adalah aktor kenamaan Ukraina, Pasha Lee.

Pasha Lee telah membintangi film Shtolnya (2006), Shadows of Unforgotten Ancestors (2013), Meeting of classmates (2019). Sang aktor juga menjadi pengisi suara untuk The Hobbit dan The Lion King.

Saat Rusia masuk Ukraina, dia bergabung dalam medan perang untuk membela negaranya. Akhirnya, Pasha lee tertembak di daerah Irpin.

Kabar duka ini disampaikan oleh akun milik Odesa International Film Festival, yang merupakan ajang tahunan yang digelar Ukraina. "Sebagai akibat dari serangan bombardir dari penjajah Rusia, aktor Ukraina terkenal Pasha Lee terbunuh," tulis akun Odesa Film Festival dikutip Selasa, 8 Maret.

Pasha Lee meninggal dunia dalam usia 33 tahun. "Sang artis bergabung dengan Angkatan Pertahanan Teritori dari Angkatan Bersenjata Ukraina untuk melindungi negara dari Rusia sang penjajah."

"Kami meminta masyarakat dunia untuk membantu Ukraina dalam perjuangan melawan Rusia dan menghentikan perang. Kami mendorong Anda untuk segera menutup langit di atas Ukraina dan terus memboikot sinema Rusia," penutup pernyataan Odesa Film Festival.

Dua hari sebelum tewas tertembak, Pasha Lee sempat menuliskan pesan patriotis. "48 jam terakhir ada kesempatan untuk duduk dan mengambil gambar bagaimana kita dibom, dan kita tersenyum, karena kita akan mengatur dan semuanya akan menjadi UKRAINA WE WORK!!!" tulisnya di akun @pashaleeofficial.

Dia juga menyerukan warga negara lain untuk turut membela Ukraina. "Jika Anda ingin mendapatkan bantuan, atau dapat menjadi sukarelawan, bergabunglah dengan organisasi global," sarannya.  Unggahan ini langsung dipenuhi ucapan bela sungkawa setelah Pasha Lee meninggal dunia.