Rangkuman Viralnya Brand Indonesia Klaim Tampil di Paris Fashion Week 2022
Logo PFW (PFW)

Bagikan:

JAKARTA - Belakangan, media sosial diramaikan dengan sejumlah brand lokal yang mengumumkan akan tampil di Paris Fashion Week 2022. Mereka berbondong-bondong mengajak sejumlah selebrita tanah air untuk ikut merayakan prestasi tersebut.

Akan tetapi, di balik indahnya Instagram Story dan berbagai promosi, ternyata ada kesalah pahaman dari acara fashion show yang mereka hadiri dengan Paris Fashion Week 2022. Simak rangkumannya di sini:

Brand Tampil di Paris

Selain brand fashion, ada merk makanan, parfum dan skincare ternama di Indonesia yang mengklaim mereka tampil di Paris Fashion Week 2022. Sekilas, acara mereka benar-benar diadakan di Paris. Namun ternyata acara mereka berbeda dengan Paris Fashion Week yang ramai dengan para artis mancanegara.

Akun @mrluckyheng menyorot viralnya sejumlah brand termasuk para desainer Indonesia yang mengklaim hadir di Paris Fashion Week. Jika dilihat dari jadwal resmi Paris Fashion Week, tidak ada brand lokal Indonesia yang masuk dalam gelaran show.

"Agak sebel sama brand Indonesia yang claim masuk Paris Fashion Week tahun ini. Semua berani claim dan pakai nama Paris Fashion Week tapi gak ada yg berani tag @parisfashionweek," kata @mrluckyheng pada 7 Maret.

Salah Informasi

Paris Fashion Week yang terverifikasi adalah acara yang diselenggarakan Fédération française de la couture. Beberapa brand yang masuk adalah Louis Vuitton, Balenciaga, Givenchy, Lanvin, Issey Miyake, The Row, dan masih banyak lainnya.

"Namanya juga sudah Fashion Week, brand non fashion tidak pernah eligible masuk ke Paris Fashion Week. Bukan Beauty Week atau Culinary Week. Di website FHCM juga jelas tertera," jelas @mrluckyheng.

Menurutnya, klaim tampil di acara fashion terbesar itu sudah lama berjalan. Namun baru kali ini ada banyak brand yang melakukan klaim dan tidak hanya dari aspek fashion tapi juga datang dari kuliner dan lainnya.

Bukan Paris Fashion Week

Lucky menekankan bahwa brand Indonesia yang tampil bukan menjadi bagian dari Paris Fashion Week 2022 melainkan sebuah show di Paris. Mereka mendompleng Paris Fashion Week 2022 yang sedang berjalan.

"Just a show in Paris but not on Paris Fashion Week," tegasnya.

Paris Fashion Week 2022 juga diadakan di Carrousel de Louvre sedangkan show di Paris yang dihadiri brand Indonesia diselenggarakan di The Westin. Acara ini merupakan buatan Gekraf yang bekerja sama dengan Kemenparekraf dengan nama Paris Fashion Show.

Sejumlah brand ini menulis bahwa mereka berada di Paris Fashion Show selama Paris Fashion Week 2022. Padahal dua acara itu berbeda dan tidak terhubung satu sama lain.