Toko <i>Merchandise</i> Heavy Metal Kebanggaan Ukraina di Kharkiv Hancur Kena Roket Rusia
Kolovorot, toko merchandise heavy metal Ukraina yang terletak di bagian bersejarah Kharkiv, (Foto: Facebook Kolovorot Shop)

Bagikan:

JAKARTA - Kolovorot, toko merchandise heavy metal Ukraina yang terletak di bagian bersejarah Kharkiv, kota terbesar kedua di negara itu, rusak berat selama rentetan serangan udara dan roket Rusia awal pekan ini.

Pada Jumat, 4 Maret, penyelenggara festival heavy metal Metal East Nove Kolo Ukraina mengunggah foto-foto kehancuran toko itu di media sosial.

"Ini adalah toko Kolovorot di Kharkiv. Tempat penjualan merchandise heavy metal di Ukraina, tempat di mana Metal East: Nove Kolo sebagian besar diorganisir. Ini adalah bagian yang sangat kecil dari hasil invasi Rusia di Ukraina," tulis mereka.

"Kami semua berada di Ukraina sekarang. Kami terus berjuang untuk tanah kami.

"Kami meminta band yang telah bermain di festival kami, band yang telah bekerja sama dengan kami melalui Musical Hall/Kolovorot, semua pelanggan dan penggemar untuk menyebarkan berita dan membantu menghentikan perang di Ukraina.

"Kami pasti akan menang. Dan kemudian kami akan melihat Anda semua di Metal East: Nove Kolo dan di Kolovorot yang diperbarui."

Menurut CNN, pasukan Rusia telah menargetkan daerah pemukiman di Kharkiv, sebuah kota berpenduduk sekitar 1,5 juta orang, menghantam infrastruktur sipil seperti sekolah, toko, rumah sakit, blok apartemen dan gereja.

Seorang penasihat menteri dalam negeri Ukraina mengatakan, Freedom Square yang merupakan pusat kehidupan publik di Kharkiv juga dihantam rudal jelajah.

Kharkiv, kota yang didominasi penutur bahasa Rusia, diserang sejak dimulainya invasi Rusia pada 24 Februari. Namun, terlepas dari lokasinya yang berdekatan dengan perbatasan Rusia, Kharkiv masih di bawah kendali Ukraina.

Dalam sembilan hari sejak invasi dimulai, lebih dari satu juta orang telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga, menurut PBB.