Ini Alasan Pengadilan Tolak Permohonan Jaminan Rhea Chakraborty
Rhea Chakraborty (Instagram @Rhea_Chakraborty)

Bagikan:

JAKARTA - Pengadilan khusus menolak permohonan jaminan untuk aktris Bollywood Rhea Chakraborty sehubungan penyelidikan Biro Pengendalian Narkotika (NCB) ke dalam sudut pandang terkait narkoba dalam kasus kematian Sushant Singh Rajput. Apa alasannya?

Kantor berita ANI melaporkan, dilansir dari Hindustan Times, Rabu, 16 September, sidang tambahan hakim GB Gurao dari pengadilan Narkotika Narkoba dan Psikotropika (NDPS) mengamati pada 11 September bahwa karena penyelidikan masih dalam tahap awal, jika terdakwa diberikan jaminan dia dapat merusak bukti penuntutan.

“Apalagi menurut jaksa, terdakwa telah menyebut nama orang lain. Investigasi terkait orang-orang itu sedang dalam proses. Jika terdakwa dibebaskan dengan jaminan maka dia akan memberi tahu orang-orang itu dan mereka akan menghancurkan bukti. Ada kemungkinan perusakan bukti," kata perintah itu.

Ditambahkan, pernyataan Chakraborty dicatat oleh NCB pada tanggal 6,7 dan 8 September dan aktor tersebut juga diberikan perlindungan polisi atas permintaannya. 

“Penuntut mengungkapkan peran terdakwa berdasarkan pernyataan tersebut dan setelah itu, dia ditangkap dalam kejahatan tersebut. Oleh karena itu, pada tahap ini, saat penyidikan masih dalam tahap awal, tidak bisa dikatakan bahwa pernyataan tersebut direkam secara paksa dan tidak dapat diterima sebagai bukti,” demikian bunyi perintah tersebut.

Pengadilan juga mencatat bahwa Chakraborty ditangkap dengan dakwaan tanpa jaminan.

“Bagian 27-A dari Undang-Undang NDPS seperti yang didiskusikan di atas berkaitan dengan perdagangan gelap narkoba, mengingat hukuman yang ditentukan untuk pelanggaran yang dapat dihukum berdasarkan pasal ini tidak dapat ditanggung,” katanya.

Pengadilan mengutip bukti elektronik dan obrolan WhatsApp yang telah dipulihkan NCB. Ia juga mengamati bahwa sejumlah uang ditransfer melalui kartu kredit terdakwa dan sejumlah LSD komersial ditemukan dari salah satu terdakwa Anuj Keshwani.

Aktris berusia 28 tahun itu, dalam aplikasi jaminannya, menyatakan bahwa NCB belum mengungkapkan adanya hubungan antara dirinya dan salah satu penjual narkoba. Dia juga mengklaim bahwa selama penahanannya, dia dipaksa untuk membuat pengakuan yang memberatkan dan pernyataan itu dicabut pada 8 September itu.

Chakraborty dan saudara laki-lakinya Showik telah dikembalikan ke tahanan badan pusat hingga 22 September. Permohonan jaminan dari manajer rumah Rajput, Samuel Miranda, pembantu rumah tangganya Dipesh Sawant, tersangka penjual narkoba Abdul Basit dan Zaid Vilatra selain dari Rhea dan Showik juga telah ditolak oleh pengadilan.

NCB sejauh ini telah menangkap 18 orang terkait kasus tersebut.