Percakapan Terakhir Dorce Gamalama dengan Keluarga Saat: Bunda Ikhlas
Anak Dorce Gamalama (Alit Bagus/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum tutup usia, Dorce Gamalama diketahui telah dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta Selatan, mulai 8 Februari. Sejak saat itu, keluarga cukup kesulitan menemui Dorce karena pihak rumah sakit melarang pasien bertemu dengan banyak orang.

Hal itu diungkap oleh Anna selaku anak angkat dan kakak kandung Dorce, Bunda Elita. Keduanya bahkan menjelaskan, kalau Dorce sempat koma sampai tiga kali lantaran kondisinya diperparah karena terpapar COVID-19.

"Nggak bisa karena peraturan rumah sakit nggak bisa jenguk, itu pun cuman satu orang. Penyakit sakit gula komplikasi, memang sudah ke rumah sakit sudah 3 kali ternyata terakhir di ruang ICU koma. Sudah 3 kali (koma)," kata Anna saat ditemui VOI TPU Bantar Jati, Jakarta Timur, 16 Februari.

"Nggak pernah ketemu sejak dari awal masuk rumah sakit," tambahnya.

Hal itu diungkap oleh Anna selaku anak angkat dan kakak kandung Dorce, Bunda Elita.

Anna juga menjelaskan, kalau Dorce sudah ikhlas jika dirinya akan dipanggil Allah SWT sejak awal masuk rumah sakit karena penyakit diabetes. Pemilik nama asli Dedy Yuliardi Ashadi, tersebut seakan memberikan pesan ke keluarga kalau dirinya bakal berpulang dalam waktu dekat.

"Waktu merasakan sakit Bunda bilang kalau Allah menghendaki untuk pulang InsyaAllah Bunda ikhlas sejak Bunda sakit sejak mengidap penyakit diabet," kenang Anna.

Dorce Gamalama tutup usia pada Rabu, 16 Februari pada pukul 07.36 WIB di RS Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta Selatan. Ia kemudian dimakamkan dengan protokol COVID-19 di TPU Bantar Jati, Jakarta Timur.