Menghilang dari Dunia Hiburan, Ternyata Aliando Syarief Idap OCD: Ibarat Sampah Gak Boleh Dibuang
Aliando Syarief (Instagram @aliandooo)

Bagikan:

JAKARTA - Lama tidak muncul di depan publik, artis Aliando Syarief hadir dengan membawa sebuah kabar: dia didiagnosis gangguan mental OCD (Obsessive Compulsive Disorder). Melansir Alodokter, OCD adalah gangguan di mana seseorang harus melakukan tindakan secara berulang-ulang.

Aliando menjelaskan, kondisi tersebut membuatnya harus berhenti sejenak dari aktivitas di dunia hiburan termasuk berakting. Alhasil sudah setahun belakangan, dia melakukan terapi agar segera sembuh.

“Gue kena OCD dan gue harus punya terapi beberapa tahun, setahun lebih makannya gue kenapa harus putus di Keajaiban Cinta atau proyek yang kemarin di sinetron, jadi ya harus di sini," kata Aliando Syarief melalui siaran langsung di Instagram pada Kamis, 27 Januari.

Pemain Keajaiban Cinta ini menjelaskan gejala OCD bisa dialami secara berbeda oleh setiap pasien. Aliando merasa dia tidak tega setiap kali sesuatu hendak diambil atau dibuang.

"Kalau misalkan dari Ali, kan orang beda-beda ya OCD-nya, kalau Ali tuh, aduh apa sih namanya, kalau yang barang tuh enggak boleh ada yang ngambil," kata Aliando.

Ia mengumpamakan OCD yang dialaminya seperti tidak mau buang sampah karena ada rasa kasihan.

"Kayak ibaratnya sampah aja tuh maunya disimpan enggak mau dibuang karena kasihan. Ngelihat hal-hal yang dicampakkan itu kasihan. Nah itu tuh kayak nyakitin diri sendiri juga ngelihatnya," jelasnya.

Dalam sesi Instagram tersebut, Aliando sempat bolak-balik membuka dan menutup siarannya. Meskipun belum mengucapkan penutup tapi dia merasa tidak bisa main tutup siaran Instagram.

"Gue harus closing, enggak bisa tuh kayak main tutup, gue enggak bisa tuh, gue harus ada say goodbye dulu, gitu," kata aktor 25 tahun itu.

Karena proses terapi, Aliando menyatakan tidak bisa kembali ke dunia hiburan. Dia juga menyebut meskipun nantinya sudah pulih, dia tidak akan mengambil proyek akting apapun.

"Rencana habis ini tetap gua akan selesai OCD, akan tetap lanjut istirahat ya teman-teman. Jadi gue enggak langsung bikin, gue selesai OCD langsung bikin proyek, jadi tetap habis selesai OCD gue istirahat dulu," tutup Aliando Syarief.