<i>Mulan</i> Tayang di China 11 September 2020
Poster Mulan versi China (Disney)

Bagikan:

JAKARTA - Film live action Mulan akan tayang di bioskop China setelah penayangan resminya melalui platform Disney+. Melansir Variety pada Rabu, 2 September, kabar ini dikonfirmasi oleh sejumlah bioskop di China.

Sejak 20 Juli, bioskop di China sudah mulai dibuka dengan menggunakan protokol kesehatan. Di antaranya adalah kapasitas tempat duduk menjadi setengah dari satu studio serta penggunaan masker selama menonton.

Benar saja, sebuah poster internasional Mulan dirilis dengan tanggal baru yakni 11 September dengan penayangan di 2D, 3D, dan IMAX 3D

Sebelumnya, film Mulan dijadwalkan tayang pada Maret tahun ini. Tetapi karena pandemi COVID-19, pihak Disney terus menunda tanggal penayangan sampai memutuskan untuk pindah ke Disney+.

Keputusan Disney memasukan Mulan ke dalam katalog Disney+ sempat berujung kontroversi karena pihak bioskop tidak terima dengan keputusan tersebut.

Adapun Disney+ masih belum tersedia di beberapa negara seperti China, Rusia, dan Turki sehingga kesempatan menayangkan film Mulan di bioskop masih terbuka lebar. Di sisi lain, Mulan juga ditayangkan di Singapura dan Thailand mulai 4 September mendatang.

Sebelumnya, Liu Yifei, pemeran Mulan dihadapkan dengan kontroversi politik China dan Hong Kong, di mana ia mengunggah dukungan terhadap kepolisian Hong Kong saat demonstrasi masyarakat Hong Kong.

Hal tersebut tidak sesuai dengan karakter Mulan yang independen. Alhasil, demonstrasi atas boikot film Mulan dilakukan baik secara daring maupun fisik. Di Korea Selatan, sekumpulan demonstran berkumpul di depan kantor distribusi Disney di Seoul.

Masyarakat China dan Hong Kong juga melakukan boikot terhadap film Mulan di media sosial dengan mengunggah foto yang ditandai X berwarna merah.

Namun, meski berbagai kontroversi mengiringi Mulan, tampaknya hal tersebut tidak banyak berpengaruh pada Disney.

Bagi Anda yang ingin menonton Mulan, Anda dapat berlangganan Disney+ dan membayar harga sewa untuk menonton Mulan dalam waktu terbatas.