5 Alasan Mengapa Konsumsi Kacang-kacangan Baik untuk Kesehatan Jantung
Ilustrasi manfaat kacang untuk kesehatan jantung (Unsplash/Pavel Kalenik)

Bagikan:

JAKARTA – Kacang-kacangan mengandung asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan. Terdapat berbagai jenis kacang yang setiap jenisnya memiliki kandungan lemak yang berbeda-beda. Mulai dari almond, kacang mete, kastanye, hazelnut, macadamia, kacang tanah, pistachio, hingga kacang kenari.

Faktanya, kacang-kacangan dengan berbagai jenis tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Tetapi bagaimana cara mengolah kacang serta alasan jenis makanan yang gurih dengan sedikit rasa manis ini bisa menyehatkan jantung? Begini penjelasan lengkapnya.

1. Kacang menurunkan risiko penumpukan endapan pada arteri

Umumnya, yang mengendap di arteri ialah kolesterol dan trigliserida LDL (low density lipoprotein). Dengan mengonsumsi kacang-kacangan, dilansir Mayo Clinic, Senin, 24 Januari, kesehatan lapisan arteri meningkat. Tingkat peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung juga lebih rendah. Bahkan, mengonsumsi kacang bisa mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan kematian.

kacang untuk kesehatan jantung
Ilustrasi manfaat kacang untuk kesehatan jantung (iStockphoto)

2. Kacang mengandung nutrisi sehat

Di dalam beberapa jenis kacang, mengandung lemak tak jenuh yang diperkirakan baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Kacang juga mengandung asam lemak omega-3, seperti ditemukan pada ikan yang manfaatnya mencegah irama jantung tak teratur. Ditambah lagi, semua jenis kacang mengandung serat yang bermanfaat membuat Anda merasa kenyang dan makan lebih sedikit. Selain itu, serat juga berperan mencegah diabetes tipe 2.

Tiga kandungan lain berkaitan dengan menjaga kesehatan arteri, antara lain vitamin E yang membantu menghentikan perkembangan plak arteri, tanaman sterol dalam beberapa kacang menurunkan kolesterol, dan L-arginin yang membantu meningkatkan fleksibilitas dinding arteri.

3. Rekomendasi jumlah makan kacang dalam seminggu

Sebanyak 80 persen kacang adalah lemak, tetapi jenis lemak sehat. Meski begitu, rekomendasi The American Heart Association, dalam seminggu idealnya makan sekitar 4 porsi kacang tawar. Pilih kacang mentah atau kacang panggang kering daripada kacang yang digoreng dengan minyak. Dalam 1 porsi, seberat 1,5 ons kacang utuh.

4. Hal yang membatalkan manfaat kacang

Kacang yang sehat dimasak dengan dipanggang. Lebih penting lagi, hindari kacang yang dilapisi dengan cokelat, gula, atau garam. Sebab dengan lapisan tersebut bisa membatalkan manfaat kacang untuk kesehatan jantung.

5. Makan kacang jika sedikit atau tidak makan produk susu dan daging

Diet jantung sehat, disyaratkan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh seperti dalam produk susu dan daging. Artinya, Anda bisa mengganti kebutuhan makronutrien dengan kacang-kacangan. Asalkan tidak atau mengurangi konsumsi daging dan susu.

Setiap jenis kacang, tampaknya sehat secara umum. Meskipun beberapa jenis memberi nutrisi yang lebih baik untuk jantung, misalnya kacang kenari yang mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi.