Natalie Dyer Kritik Media yang Sering Jadikan Pemain  <i>Stranger Things</i> Objek Seksual
Natalia Dyer sebagai Nancy Wheeler (Netflix)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, layanan streaming Netflix mendapat kecaman masyarakat setelah mempromosikan film Cuties dengan poster yang menonjolkan unsur seksual anak-anak. Tidak sedikit masyarakat yang lantas membandingkan Cuties dengan serial Stranger Things yang menurut mereka jauh dengan kontroversi baik secara strategi promosi maupun pemainnya.

Nyatanya, salah satu pemain Stranger Things, Natalia Dyer menuturkan bahwa media seringkali memotret anak-anak dengan cara yang tidak lazim. Bahkan ia menjelaskan, para pemain remaja dalam Stranger Things sering menjadi objek seksual (over sexualize) layaknya orang dewasa.

Melalui wawancara dengan The Independent, Senin, 24 Agustus, pemeran Nancy Wheeler itu menceritakan hal yang diterima para pemain remaja Stranger Things seperti Millie Bobby Brown, Finn Wolfhard, Noah Schnapp, dan lain-lain. Karena sering menjadi objek seksual, ia merasa menjadi lebih protektif kepada anak-anak ini.

“Hal ini merupakan isu yang rumit dan kompleks. Ada konsep besar di balik itu. Biarkan orang-orang (pemain remaja Stranger Things) menjadi diri mereka, tanpa penghakiman.”

Stranger Things mencuri perhatian sejak bagian pertamanya tayang di tahun 2016 yang lantas membuat nama para pemainnya meroket. Namun, seiring makin dikenalnya nama mereka, berbagai komentar miring juga menghampiri.

Menjadikan anak-anak sebagai objek seksual juga dilakukan beberapa media kepada Brown dkk. Bahkan, Brown sendiri -  masuk daftar bintang televisi terseksi versi W Magazine ketika ia masih berumur 13 tahun. Ia disandingkan dengan bintang sekelas James Franco dan Nicole Kidman yang sudah dewasa.

Ada juga Finn Wolfhard yang mengeluhkan komentar berbau seksual yang ia terima saat berumur 14 tahun. Ia menganggap tidak sepantasnya seseorang yang lebih tua berkomentar hal semacam itu kepadanya yang masih remaja.

Natalia Dyer adalah salah satu aktris yang menyadari betapa pentingnya peran media dalam menggambarkan seseorang. Itulah mengapa ia hanya hadir di depan publik jika sedang melakukan promosi untuk proyek terbarunya.

Di sisi lain, Netflix telah menghapus poster resmi film Cuties dan meminta maaf kepada publik. Adapun musim keempat Stranger Things dijadwalkan tayang pada 2021.