Bercinta Setelah Operasi Caesar, Kapan Bisa Dilakukan?
Ilustrasi (Priscilla Du Preez/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah habis masa nifas, Anda sudah bisa menjalin hubungan intim bersama suami. Masa nifas ini umumnya selama 40 hari. Tapi, ada beberapa wanita yang setelah dua minggu melahirkan, sudah tidak mengalami perdarahan.

Secara medis, Anda sudah diperbolehkan untuk berhubungan dengan suami. Namun, semua ini kembali kepada Anda pada akhirnya: Apakah Anda siap? Apakah Anda sudah merasa nyaman? Anda pun perlu pertanyakan kesiapan fisik Anda, mengingat nyeri yang mungkin masih Anda alami.

Pasangan Anda pun mengerti bahwa tubuh Anda hampir seperti zona habis perang setelah melahirkan, sehingga butuh waktu  untuk memperbaiki diri. Pada ibu baru, kondisi ini bisa makin dipersulit karena ia belum terbiasa dengan jam istirahat yang berubah ditambah dengan perubahan hormon.

Dan untuk menghindari kehamilan dini, Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda untuk kontrasepsi, sebelum aktif untuk hubungan intim ini. Ingat, setelah masa nifas berakhir, Anda akan segera masuk masa subur kembali. Memberi ASI eksklusif dan jadwal menstruasi yang belum waktunya tidak menjamin Anda tidak akan hamil.

Penting untuk diketahui, setidaknya beri jarak 18 bulan untuk untuk kehamilan berikutnya. Semakin jauh jarak kehamilan ini semakin baik, agar luka dinding rahim memiliki waktu lebih banyak untuk pulih.