Sentuhan Afektif, Menurut Studi dapat Meningkatkan Kepuasan Bercinta
Ilustrasi cara meningkatkan kepuasan bercinta menurut studi (Unsplash/Candice Picard)

Bagikan:

JAKARTA – Sentuhan afektif, menurut studi bermanfaat bagi pasangan suami istri. Sentuhan sederhana tersebut bisa membantu meningkatkan kepuasan seksual dan hubungan lebih berkualitas.

Penelitian dilakukan oleh Debrot, Meuwley, Muise, Impett, dan Schoebi pada tahun 2017, yang menggali bagaimana kasih sayang fisik memediasi hubungan dan berkaitan dengan aktivitas seksual serta kesejahteraan. Sentuhan afektif atau kasih sayang fisik didefininikan seberapa sering Anda dan pasangan saling berpegangan tangan, duduk berdekatan, sentuhan merilekskan, memeluk, dan mencium.

Mengutip Psychology Today, Senin, 20 Desember, dalam studi tersebut tim meminta pasangan untuk melaporkan aktivitas seksual dan momen mesra dari tindakan fisik selama empat kali sehari. Dari laporan tersebut, peneliti bisa mengevakuasi mana perilaku yang potensial memengaruhi aspek lain, seperti seksualitas dan kondisi mental sejahtera.

Hasil penelitian menunjukkan dua hal yang saling memengaruhi. Di satu sisi, mesra dapat meningkatkan kemungkinan pasangan untuk bercinta. Di sisi lain, bercinta meningkatkan kemesraan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Busby, Hanna-Walker, dan Leavitt pada tahun 2020, mengeksplorasi frekuensi berciuman di antara pasangan dan hubungannya dengan kualitas bercinta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih sering berciuman antara pasangan berkontribusi meningkatkan gairah bercinta, kemungkinan orgasme lebih tinggi, dan kepuasan yang lebih besar.

Berangkat dari dua penelitian tersebut, Jeremy Nicholson, M.S.W., Ph.D., psikolog sosial dan kepribadian yang fokus pada hubungan berpasangan, merekomendasikan untuk meningkatkan kemesraan dengan sering memberikan sentuhan afektif. Bagaimana memulai strategi untuk meningkatkan kemesraan? Berikut saran Nicholson untuk Anda dan pasangan.

Meluangkan waktu berdua

Secara sederhana, jika Anda jauh dari pasangan artinya tak mungkin untuk memberikan sentuhan atau bahkan menciumnya. Oleh karena itu, ciptakan interaksi mesra dengan meluangkan waktu berdua. Tak memerlukan waktu lama, tetapi memerlukan kesepakatan untuk menghabiskan waktu berdua.

Selain itu, hanya duduk berdekatan saja bisa meningkatkan perasaan intim kok. Jadi, carilah cara untuk tetap berdekatan.

Memberi sentuhan secara tepat

Sentuhan afektif bukan hanya ketika ingin mengajak bercinta. Tetapi, dalam keseharian berikan sentuhan sederhana, misalnya mencium pasangan sebelum berangkat kerja atau memeluknya setelah sarapan. Ditambah lagi, berikan intesitas lebih ketika membangun daya tarik seksual.

Cium mesra pasangan Anda

Selain ciuman sensual sebelum sesi bercinta atau saat foreplay, berikan juga ciuman mesra mendarat di kening pasangan, misalnya. Ciuman, seperti studi yang dipaparkan di atas, bisa mengikat dan terhubung dengan pasangan.

Tiga saran tersebut di atas, Anda dan pasangan akan meningkatkan interaksi seksual. Dari cara sederhana dengan memberikan sentuhan afektif, hubungan yang bahagia, bercinta yang menyenangkan, dan perasaan sejahtera akan lebih terjaga.