<i>Tenet</i> Tayang di Bioskop Luar Amerika 26 Agustus, di Indonesia Kapan?
Tenet (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Film terbaru Christopher Nolan, Tenet, bakal tayang perdana di bioskop-bioskop luar Amerika Serikat mulai 26 Agustus. Namun, film ini belum tentu tayang di Indonesia.

Variety mengungkap, sejumlah negara seperti Inggris, Prancis, Belgia, dan Mesir akan dapat menyaksikan Tenet di bioskop pada akhir bukan ini. Mereka juga menyebut dua negara Asia yaitu Korea Selatan dan Indonesia. 

Namun menurut Antara, Kamis, 13 Agustus, sejauh ini belum ada tanggapan dari Warner Bros Pictures Indonesia selaku distributor film Tenet. Artinya, mereka belum mendapatkan jawaban apakah film ini bakal tayang di sini.

Sebelumnya, Warner Bros Pictures Indonesia sempat me-repost poster Tenet dari Instagram IMAX, dengan keterangan, "Diambil dengan kamera IMAX, film yang paling dinanti dari Christopher Nolan @Tenetfilm akan datang di bioskop IMAX seluruh dunia mulai 26 Agustus."

Jika mencoba menilik dari sisi bioskop, masih belum jelas apakah bioskop akan dapat segera dibuka, karena keputusan pembukaan tergantung dari pemerintah daerah.

"Untuk pembukaan bioskop, hingga saat ini kami masih belum tahu kapan. Itu keputusannya ada di pemerintah daerah yang punya wewenang untuk membuka/menutup tempat usaha di wilayahnya," kata Public Relations Manager CGV Indonesia, Hariman Chalid.

"Yang bisa kami lakukan saat ini mengikuti instruksi dari pemerintah dan mematangkan persiapan untuk pembukaan," lanjut Hariman.

Dengan diperpanjangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada hari ini, Kamis, selama 14 hari ke depan. Bisnis bioskop pun otomatis masih tertahan. 

Sementara itu, sejumlah jaringan bioskop di Inggris sudah membuka pembelian tiket presale untuk film Tenet. Bioskop di Inggris sudah diizinkan untuk dibuka kembali mulai 4 Juli, tetapi hanya beberapa jaringan bioskop Odeon milik AMC yang membuka pintu mereka di lokasi tertentu pada saat itu.

Keputusan Warner Bros. pada akhir Juli untuk meluncurkan Tenet di 70 wilayah luar negeri mulai 26 Agustus sebelum Amerika Serikat, telah disambut baik oleh operator bioskop global, yang mendekati akhir penambatan mereka musim panas ini dengan jadwal rilis studio yang selalu berubah sebagai tanggapan terhadap pandemi.

Perilisan Tenet diharapkan menjadi keuntungan besar bagi bioskop di seluruh dunia.

Adapun sejumlah negara yang siap menayangkan film ini di rentang waktu 26 Agustus-18 September, antara lain Belgia, Prancis, Belanda, Ghana, Kanada, Australia, Jerman, hingga Afrika Timur dan Nigeria.

Beberapa negara di Asia secara bertahap juga akan dapat menyaksikan Tenet di layar lebar, seperti Korea Selatan, Vietnam, Singapura, hingga Jepang.

Indonesia? Lagi-lagi harus bersabar.