6 Tahun Dilarang, Film Korea Boleh Tayang di Bioskop China
Poster Oh! My Gran (CGV)

Bagikan:

JAKARTA - Film Korea Selatan akan hadir di bioskop China untuk pertama kali dalam enam tahun. Langkah ini mengisyaratkan adanya pertukaran budaya yang dilakukan kedua negeri.

Oh! My Gran, film yang dirilis pada tahun 2020 lalu menjadi film Korea pertama yang tayang di negeri China setelah Assassination tahun 2015.

“Kami mengevaluasi (perilisan film) sebagai langkah yang positif. Kami sudah menyuarakan pendapat kami terkait konten budaya dalam beberapa kesempatan kepada China dan berharap konsultasi ini dapat membawa kabar positif,” kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan melansir Yonhap News pada Kamis, 2 Desember.

Terpilihnya Oh! My Gran untuk tayang perdana bukan tanpa alasan. Kabarnya film ini bergenre keluarga sehingga bisa ‘mencairkan’ masyarakat China.

Oh! My Gran menceritakan Oh Moon Hee (Na Moon Hee) yang menderita alzheimer. Moon Hee merasa dirinya adalah seorang putri kerajaan dari sebuah serial animasi.

Suatu hari, Bo Mi (Lee Jin Joo), cucu Oh Moon Hee mengalami tabrak lari dan Moon Hee satu-satunya saksi tapi dia tidak bisa merespons. Bo Mi berada dalam masa koma dan polisi tidak bisa menolong.

Du Won (Lee Hee Joon), anak Moon Hee mencari tahu siapa pelaku yang mencelakakan Bo Mi dan arti dari kata-kata Moon Hee.

Sebelumnya beberapa film hasil kerja sama China dan Korea Selatan juga mengalami penundaan rilis dari larangan ini. Sebut saja, Catman yang dibintangi Sehun EXO dan Janice Wu serta Unexpected Love dari Lay EXO dan Krystal.

Sebaliknya, film-film asal China juga dijadwalkan rilis di Korea Selatan mulai dari A Writer’s Odyssey, Coffee or Tea, Lost and Love, Getting Home, dan You Are the Apple of My Eye.