Hal yang Sebaiknya Tidak Dilakukan Jika Ingin Punya Mental Kuat
Ilustrasi (Joice Kelly/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mengenali dan mengganti beberapa pola pikir, perilaku, dan perasaan tidak sehat yang mungkin menyabotase upaya terbaik Anda adalah kunci untuk membangun kekuatan mental agar menjadi orang dengan mental yang kuat. Menurut psikoterapis Amy Morin, LCSW, berikut adalah lima hal yang tidak dilakukan oleh orang yang kuat mental.

Buang-buang waktu mengasihani diri sendiri

Hal ini tidak akan memperbaiki masalah Anda. Lebih baik latih otak Anda untuk menukar rasa mengasihani diri sendiri dengan terima kasih. Orang bermental kuat tidak membuang waktu dan energi untuk memikirkan masalah, tetapi fokus menciptakan solusi.

Hindari perubahan

Meskipun merasa aman saat berada dalam zona nyaman,  tetapi menghindari tantangan baru merupakan hambatan terbesar untuk menjalani kehidupan. Semakin banyak Anda berlatih menoleransi perasaan tidak nyaman yang terkait dengan perubahan, maka Anda semakin percaya diri dengan kemampuan diri sendiri.

Membuang energi untuk hal-hal yang tidak dapat dikendalikan. Padahal, jika Anda menginvestasikan energi tersebut untuk ke dalam hal-hal yang dikendalikan, Anda akan jauh lebih siap menghadapi apa pun yang terjadi dalam hidup . Jadi, saat tergoda untuk mengkhawatirkan sesuatu yang tidak dapat dicurahkan energi itu untuk sesuatu yang lebih produktif.

Khawatir tentang menyenangkan orang lain

Melakukan dan mengatakan hal-hal yang mungkin tidak disukai orang lain membutuhkan keberanian, tetapi Anda harus menjalani kehidupan yang benar-benar otentik dan sesuai dengan nilai-nilai Anda, bahkan ketika pilihan tersebut tidak disukai orang lain.

Takut mengambil risiko

Membuat keputusan berdasarkan tingkat ketakutan Anda bukanlah cara yang akurat untuk menghitung risiko. Emosi seringkali tidak rasional dan tidak dapat diandalkan. Anda tidak akan menjadi luar biasa tanpa mengambil risiko. Memelajari cara menghitung risiko secara akurat akan memastikan Anda membuat pilihan terbaik.