Menurut Ahli, Mencintai Tubuh Sendiri Bisa Dimulai dengan 7 Cara Ini
Ilustrasi cara mencintai tubuh sendiri (Freepik/Wayhomestudio)

Bagikan:

JAKARTA – Banyak orang membutuhkan waktu untuk meningkatkan rasa percaya diri. Memang, kepercayaan diri terutama mengenai citra tubuh tidak instan didapat.

Setiap orang punya prosesnya masing-masing. Tidak ada yang salah dan benar, sebab versi setiap orang berbeda-beda dan tak dapat diperbandingkan satu sama lain. Berdasarkan rekomendasi Chloe Brotheridge dilansir Psychology Today, Senin, 12 Juli, begini caranya mulai mencintai tubuh sendiri.

1. Singkirkan pemicu pikiran negatif tentang tubuh sendiri

Jika pemicunya adalah media sosial, maka Anda bisa menyetelnya, menyaring, dan memilih umpan-umpan positif saja. Ada banyak pemikiran dan sudut pandang positif serta bisa membuat pikiran sendiri lebih tenang jauh dari anxiety.

2. Fokus pada apa yang bisa dilakukan tubuh Anda

Alih-alih menjaga penampilan, luangkan waktu untuk berfokus pada hal menakjubkan yang bisa dilakukan tubuh. Seperti kecepatan, energi, dan ketepatan. Misalnya saat Anda berolahraga, hindari hanya memikirkan jumlah kalori yang terbakar saja.

Pikirkan juga bagaimana otot-otot ditarik dan usaha maksimal Anda untuk bertahan dengan posisi gerakan yang sama. Selain itu, pikirkan juga seberapa lama Anda bisa bertahan dan membuat olahraga jadi rutin dilakukan. Cara ini bisa membuat lebih menghargai tubuh Anda yang luar biasa.

3. Buat daftar positif tentang diri Anda

Sosok ‘Anda’ tidak hanya dipandang sebagai tubuh saja. Maka penting untuk membuat 10 daftar tentang kualitas diri, misalnya apakah Anda teman yang baik, orang tua yang penuh perhatian, profesi Anda, kesukaan Anda, hingga apa saja yang membuat Anda ceria dan merasa bahagia.

Semakin banyak Anda membaca daftar hal-hal yang disukai, menurut Brotheridge, semakin positif perasaan Anda tentang diri sendiri.

4. Jangan hanya melihat angka timbangan

Untuk kesehatan fisik, angka timbangan memang butuh diperhatikan. Tetapi apabila angka pada timbangan membuat Anda merasa tak percaya diri, maka berhentilah melihatnya. Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan, saran Brotheridge, Anda bisa melakukannya tanpa bantuan timbangan.

Anda dapat mulai dari berjalan setiap pagi atau menari diiringi musik kesukaan tanpa melihat angka-angka yang membuat Anda merasa buruk.

5. Merawat tubuh

Memperhatikan apa saja yang dibutuhkan tubuh adalah hal penting. Apabila lelah, maka istirahatlah. Apabila kulit kering, maka beri pelembab.

Apabila tumbuh jerawat, maka evaluasi penyebabnya dan obati dengan cara paling tepat. Sesederhana itu untuk merawat tubuh atau self-care, yaitu memperlakukan tubuh sebagai teman terbaik, kata Brotheridge.

cara mencintai diri sendiri
Ilustrasi merawat tubuh (Unsplash/Kevin Laminto)

6. Berpakaian yang membuat Anda nyaman

Setiap orang layak mengenakan pakaian mewah, tetapi lebih tepat nyaman dipakai. Anda bisa memakai pakaian yang sesuai dengan style Anda sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

7. Terima citra diri apa adanya

Apabila masih menyimpan foto-foto lama, sejuta kritik pada diri sendiri mungkin akan terlintas. Mulai dari cara makeup yang kurang pas, cara berpakaian yang terlalu menyolok, membiarkan rambut tidak rapi, dan lain sebagainya.

Tetapi suatu saat, saran Brotheridge, citra diri yang tergambar dari potret membuat Anda mengingat proses penerimaan terhadap diri.